FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA BUNGA KRISAN POTONG DI DESA HARGOBINANGUN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

SANDRIAWATI, FRENDITA (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA BUNGA KRISAN POTONG DI DESA HARGOBINANGUN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (130Kb) | Preview

    Abstract

    Frendita Sandriawati, H0808178. ”Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Penerapan Teknologi Budidaya Bunga Krisan Potong Di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman”. Dibimbing Dr. Sapja Anantanyu, SP. MSi. dan Agung Wibowo, SP. MSi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Indonesia yang memiliki iklim tropis ditunjukkan dengan dataran tinggi pegunungan, kondisi fisik tanah dan lingkungan lainnya memungkinkan keanekaragaman flora tropis dan sebagian flora subtropis dapat tumbuh di Indonesia, begitu pula dengan tanaman hias, khususnya bunga potong. Tanaman hias merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai prospek agribisnis yang cukup besar di Indonesia. Salah satu dari tanaman hias tersebut adalah tanaman krisan. Krisan (Chrysanthemum morifolium sp) termasuk salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini karena dapat menjadi bunga penghias ruangan maupun untuk dekorasi acara-acara penting. Dengan semakin populernya bunga krisan potong dan permintaan di pasaran yang semakin banyak maka saat ini budidaya bunga potong krisan sangat diperhitungkan untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penerapan teknologi budidaya tanaman bunga krisan potong oleh petani, mengetahui faktor internal dan eksternal yang berhubungan dengan tingkat penerapan teknologi budidaya bunga krisan potong oleh petani dan mengetahui hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan tingkat penerapan teknologi budidaya bunga krisan potong oleh petani. Penelitian ini dilakukan di Desa Hrgobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan sample dilakukan dengan metode survay di kelompok tani bunga krisan potong Kecamatan Pakem dengan jumlah responden sebanyak 46 petani bunga krisan. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs) pada tingkat kepercayaan 99%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang mengkaji hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat penerapan teknologi budidaya bunga krisan potong oleh petani, dengan menggunakan analisis Rank Spearman dan uji signifikansi pada tingkat kepercayaan 99% didapat hasil bahwa faktor internal tidak berhubungan dengan tingkat penerapan teknologi budidaya bunga krisan potong, sedangkan pada faktor eksternal terdapat hubungan yang signifikan dengan tingkat penerapan teknologi budidaya bunga krisan potong.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 09 May 2014 22:57
    Last Modified: 09 May 2014 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15587

    Actions (login required)

    View Item