PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Perdana, Hananto Timor (2013) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (949Kb) | Preview

    Abstract

    Hananto Timor Perdana. PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktivan dan hasil belajar dalam pembelajaran Geografi kelas XI IPS 3 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2012 semester genap tahun ajaran 2011/2012. Lingkup materi pada kompetensi dasar mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, metode observasi, metode angket, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis kualitatif. Model analisis kualitatif meliputi 3 alur kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I diketahui rata-rata keaktivan siswa yang positif masih sebesar 82,66% sebesar sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi 69,92 (76%). Pada Siklus II keaktivan belajar siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat, ditandai dengan rata-rata keaktivan siswa yang positif sebesar 90,66% dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi yang juga mengalami peningkatan menjadi 76,64 (88%) sehingga ketuntasan belajar siswa secara individu maupun klasikal telah terpenuhi. Adapun batas ketuntasan secara klasikal 85% dari jumlah siswa yang mendapat nilai 67 ke atas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 09 May 2014 22:51
    Last Modified: 09 May 2014 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15585

    Actions (login required)

    View Item