TINJAUAN JURIDIS PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA ATAS DASAR KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM PENGADILAN TINGGI SUMATERA SELATAN DALAM MEMERIKSA DAN MEMUTUS PERKARA KORUPSI (Studi Kasus dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 1811 K/Pid/2005)

Kusumawardani, Dian (2013) TINJAUAN JURIDIS PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA ATAS DASAR KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM PENGADILAN TINGGI SUMATERA SELATAN DALAM MEMERIKSA DAN MEMUTUS PERKARA KORUPSI (Studi Kasus dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 1811 K/Pid/2005). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (446Kb) | Preview

    Abstract

    DIAN KUSUMAWARDANI, E0009104, TINJAUAN JURIDIS PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA ATAS DASAR KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM PENGADILAN TINGGI SUMATERA SELATAN DALAM MEMERIKSA DAN MEMUTUS PERKARA KORUPSI (STUDI KASUS DALAM PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1811 K/Pid/2005). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui dasar permohonan kasasi yang diajukan oleh terdakwa dalam permohonan kasasi sesuai dengan ketentuan KUHAP dan pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus kasasi oleh terdakwa dalam perkara tindak pidana korupsi sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal (doctrinal research) yaitu penelitian berdasarkan bahan-bahan hukum (library based) yang fokusnya pada membaca dan mempelajari bahan-bahan hukum primer dan sekunder. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan penelitian yang bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan kasus (case approach). Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), Penulis menggunakan metode penalaran deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa permohonan kasasi didasarkan pada pertimbangan hukum putusan Pengadilan Negeri Sumatera Selatan merupakan pertimbangan hukum yang tidak cukup atau tidak layak (onvoldoende gemotiveerd) karena hanya membenarkan dan mengambil alih pertimbangan judex factie Pengadilan Negeri Muara Enim tanpa memberikan pertimbangan sendiri, dengan menggunakan fakta-fakta hukum yang terungkap, dan tanpa mempertimbangkan seluruhnya keberatan-keberatan yang diajukan dalam memori banding. Sehingga permohonan kasasi ditolak berdasarkan pada kewenangan Pengadilan Tinggi untuk mengambil alih pertimbangan Pengadilan Negeri yang telah dianggap tepat dan benar dan putusan judex factie dalam perkara ini tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undangundang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 09 May 2014 22:47
    Last Modified: 09 May 2014 22:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15583

    Actions (login required)

    View Item