ANALISIS NETWORK PLANNING DENGAN CPM (CRITICAL PATH METHOD) DALAM RANGKA EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA PROYEK (Studi Kasus Pembangunan Kantor Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta)

HAMZAH, FAIZAL (2013) ANALISIS NETWORK PLANNING DENGAN CPM (CRITICAL PATH METHOD) DALAM RANGKA EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA PROYEK (Studi Kasus Pembangunan Kantor Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (534Kb) | Preview

    Abstract

    Faizal Hamzah, 2013, Analisis Network Planning Dengan CPM (Critical Path Method) Dalam Rangka Efisiensi Waktu Dan Biaya Proyek (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Kantor Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta), Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Semakin banyak perusahaan kontraktor yang berdiri dan bermunculan mengakibatkan persaingan dalam berbagai hal antar perusahaan untuk mendapatkan proyek semakin terasa. Hal tersebut mendorong setiap perusahaan untuk dapat lebih meningkatkan potensi sumberdaya yang mereka miliki agar perusahaan tersebut bisa bertahan dalam persaingan. Salah satu hal dalam persaingan tersebut adalah bersaing dalam segi waktu dan biaya produksi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menentukan atau menetapkan waktu penyelesaian proyek yang seefisien mungkin sehingga biaya dapat diminimalkan dari rencana anggaran biaya semula. Studi ini menggunakan analisis network planning dengan metode CPM (Critical Path Method). Metode ini diharapkan dapat dipakai untuk mengontrol koordinasi berbagai kegiatan dalam suatu pekerjaan sehingga proyek dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang tepat dan juga dapat membantu perusahaan dalam mengadakan perencanaan dan pengendalian proyek dengan waktu dan biaya yang lebih efisien. Penelitian ini menghasilkan satu jalur kritis dengan 18 kegiatan dan dua kurva S (jadwal kegiatan paling awal dan paling lambat). Hasil perhitungan dengan metode CPM membutuhkan waktu 135 hari dengan biaya Rp. 979.239.000,- sedangkan perhitungan yang dilakukan oleh CV. Catur Tunggal membutuhkan waktu 150 hari dengan biaya Rp. 1.001.454.000,-. Berdasarkan metode CPM (Critical Path Method) menghemat waktu penyelesaian proyek 15 hari (10%) dan biaya sebesar Rp. 22.215.000,-

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 09 May 2014 21:00
    Last Modified: 09 May 2014 21:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15547

    Actions (login required)

    View Item