PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MENGGIRING DENGAN MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN KOMBINASI BOLA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KELOMPOK UMUR 10-12 TAHUN PUSAT PELATIHAN DAN PEMBINAAN PEMAIN SEPAKBOLA ZETTLE MEYER KARANGANYAR TAHUN 2013

Saktiana, Yohan (2013) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MENGGIRING DENGAN MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN KOMBINASI BOLA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KELOMPOK UMUR 10-12 TAHUN PUSAT PELATIHAN DAN PEMBINAAN PEMAIN SEPAKBOLA ZETTLE MEYER KARANGANYAR TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1211Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini dapat mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh latihan menggunakan bola standar dan kombinasi bola modifikasi terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa Pusat Pelatihan Dan pembinaan Pemain Sepakbola Zettle Meyer Karanganyar tahun 2013. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan menggiring bola menggunakan bola standar dan kombinasi bola modifikasi terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa kelompok umur 10- 12 tahun Pusat Pelatihan Dan pembinaan Pemain Sepakbola Zettle Meyer Karanganyar tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Pusat Pelatihan Dan pembinaan Pemain Sepakbola Zettle Meyer Karanganyar kelompok umur 10-12 tahun yang berjumlah 30 siswa, yang diambil dari populasi yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Besarnya sampel yang diambil yaitu 60% dari jumlah populasi tiap tingkat kelompok umur. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes menggiring bola berliku-liku (zig-zag). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji reliabilitas untuk mengukur tingkat keajegan hasil tes dalam penelitian. Hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : Hasil uji reabilitas pada tes awal adalah sebesar 0,89, dimana termasuk dalam kategori tinggi dan pada tes akhir adalah sebesar 0,94, dimana termasuk dalam kategori tinggi sekali. Hasil uji normalitas yang dilakukan pada kelompok I diperoleh nilai L0 = 0,2059 dan pada kelompok II diperoleh L0 = 0,1789 yang berarti bahwa Lhitung lebih kecil dari angka batas penolakan pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,258 dengan demikian data tersebut berdistribusi normal.Hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1,329, dengan db =15-1=14 lawan 15-1 = 14 angka Ft = 2,48 yang berarti nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel sehingga menunjukkan bahwa kelompok I dan kelompok II memiliki varians yang homogen. Hasil analisis data uji perbedaan tes awal kelompok I dan kelompok II sebelum diberiperlakuan diperoleh sebesar 0,199 sedangkan tabel t adalah 2,145, Ternyata lebih kecil dari angka batas penolakan hipotesis nol. Dengan demikian hipotesis nol diterima, yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil tes awal kemampuan menggiring bola pada kelompok 1 dan kelompok 2. Sehingga apabilacommit to diberi perlakuan terdapat perbedaan, maka perbedaan tersebut benar-benar dikarenakan adanya perbedaan pengaruh perlakuan yang diberikan. Hasil uji perbedaan Sesudah diberi perlakuan adalah : terdapat perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir pada kelompok I thitung= 6,152 lebih besar dari ttabel= 2,145. Terdapat perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir pada kelompok II thitung= 8,745 lebih besar dari ttabel= 2,145, terdapat perbedaan yang signifikan pada tes akhir antara kelompok I dan kelompok II thitung= 2,605 lebih besar dari ttabel= 2,145, yang berarti bahwa setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes akhir pada K I dan K II. Persentase peningkatan pada kelompok I adalah 9,95 % dan pada kelompok II adalah 17,07 %. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan menggiring bola dengan menggunakan bola standar dan kombinasi bola modifikasi terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa kelompok umur 10-12 tahun siswa Pusat Pelatihan Dan pembinaan Pemain Sepakbola Zettle Meyer Karanganyar tahun 2013. (2) Latihan menggiring bola menggunakan kombinasi bola modifikasi lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan latihan menggiring bola menggunakan bola standar terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola pada siswa kelompok umur 10-12 tahun Pusat Pelatihan Dan pembinaan Pemain Sepakbola Zettle Meyer Karanganyar tahun 2013. Kata Kunci :Menggiring, Sepak Bola, Kombinasi Bola

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 09 May 2014 07:37
    Last Modified: 09 May 2014 07:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15512

    Actions (login required)

    View Item