UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI APLIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nugroho, Darmawan Adi (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI APLIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. PHYSICAL EDUCATION HEALTH AND RECREATION JOURNAL. ISSN 1979 -3103

[img] PDF - Published Version
Download (78Kb)

    Abstract

    Darmawan Adhi Nugroho. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI APLIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor melalui permainan beregu pada siswa kelas III SD Negeri I Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri I Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 13 siswa putra dan 9 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi nilai hasil belajar proses kegiatan pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui permainan beregu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor dan hasil ketuntasan belajar siswa, dari kondisi pratindakan, siklus I hingga siklus II. Kemampuan gerak dasar lokomotor pada kondisi pratindakan (144,59), siklus I (149,86) dan siklus II (155,50), sehingga peningkatan dari kondisi pratindakan hingga akhir siklus II sebesar (10,91). Sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa pada kondisi pratindakan (45.46%), siklus I (68.18%) dan siklus II (81.82%), sehingga peningkatan dari kondisi pratindakan hingga siklus II sebesar (36.36%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penerapan permainan beregu dapat meningkatkan semangat siswa, keaktifan siswa, pembelajaran menjadi efektif, dan meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas III SDN I Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2012.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 09 Jul 2013 16:06
    Last Modified: 09 Jul 2013 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1551

    Actions (login required)

    View Item