PERSEPSI PRODUK MAKANAN ORGANIK DAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)

LUVIANA, SISCA (2013) PERSEPSI PRODUK MAKANAN ORGANIK DAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (931Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan antara perspsi terhadap produk organik dan minat beli konsumen. Dalam hal ini persepsi terhadap produk organik terbentuk dari kesadaran lingkungan, kesadaran kesehatan, dan identitas diri sebagai konsumen etis. Keterlibatan diprediksi memoderasi pengaruh persepsi terhadap produk organik pada minat beli konsumen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 216 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berminat membeli produk organik. Analisis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji data dan hipotesis tanpa pengaruh moderasi. Sedangkan Moderated Regression Analysis digunakan untuk menguji pengaruh moderasi keterlibatan pada hubungan persepsi terhadap produk organik dan minat beli konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran lingkungan, kesadaran kesehatan, dan identitas diri sebagai konsumen etis secara signifikan berpengaruh positif pada persepsi terhadap produk organik. Persepsi terhadap produk organik secara signifikan berpengaruh pada minat beli konsumen. Akan tetapi keterlibatan tidak berhasil memoderasi pengaruh persepsi terhadap produk organik pada minat beli konsumen. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap produk organik yang terbentuk dari kesadaran lingkungan, kesadaran kesehatan, dan identitas diri sebagai konsumen etis berpengaruh pada minat beli konsumen. Oleh karena itu sebagai pemasar perlu mempertimbangkan faktor kesadaran lingkungan, kesadaran kesehatan, dan identitas diri sebagai konsumen etis guna meningkatkan minat beli oleh konsumen. Kata kunci: Kesadaran Kesehatan, Kesadaran Lingkungan, Identitas Diri sebagai Konsumen Etis, Keterlibatan, Minat Beli The main purpose of this research is to empirically examine the relationship between perception toward organic product and consumer purchase intentions. In this case, the perception toward organic product is established by environmental concern, health consciousness, and ethical self identity. Involvement was predicted to moderating influence perception toward organic product on consumer purchase intention. Samples taken in this study are 216 respondents of Sebelas Maret University (UNS) Surakarta students who intend to buy organic product. Analysis was performed using Structural Equation Modeling (SEM) to examine the data and hypotheses. Whereas Moderated Regression Analysis used to examine the data and hypotheses with moderating effect relation of perception toward organic product on consumer purchase intentions. These results indicate that the perception toward organics product formed of environmental concern, health consciousness, and ethical self identity significantly affect on consumer purchase intention. However, involvement do not significantly affect relation of perception toward organic product on consumer purchase intention. In addition, the perception toward organic product significantly affects purchase intentions. Overall, it can be concluded that the perception toward organics product formed of the environmental concern, health consciousness, and ethical self identity influence consumer purchase intentions. Therefore, a marketer needs to consider the environmental concern, health consciousness, and ethical self identity . Keywords: Environmental Concern, Health Consciousness, Ethical Self Identity, Perception toward Organic Product, Involvement, and Purchase Intention

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 09 May 2014 06:57
    Last Modified: 09 May 2014 06:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15501

    Actions (login required)

    View Item