PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN JOHO 02 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Lusanti, Kartika (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN JOHO 02 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (712Kb) | Preview

    Abstract

    Kartika Lusanti. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN JOHO 02 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan bermain drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan SAVI pada siswa kelas V SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 siswa dan guru kelas V SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan keterampilan bermain drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan adanya peningkatan nilai keterampilan bermain drama pada setiap siklus yaitu pada kondisi awal siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (≥65) sebanyak 13 siswa (39,4%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (51,5%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 siswa (84,8%). Sedangkan nilai rata-rata dalam pembelajaran bermain drama pada kondisi awal sebesar 61,32, pada siklus I sebesar 66,86, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,23. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas V SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Bermain Drama Kartika Lusanti. IMPROVEMENT OF PLAYING DRAMA SKILL THROUGH SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) APPROACH AT THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN JOHO 02 MOJOLABAN SUKOHARJO AT 2012/2013 ACADEMIC YEAR. Skripsi, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Oktober2013. The purpose of this research is to improve the skill of stage plays in Indonesian learning study through SAVI approach the fifth grade students of SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo at 2012/2013 Academic Year. The form of this research is classroom action research (CAR), that consist of two cycles. Each cycles consists of four phases, those are planning, action implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the fifth grade students of SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo at 2012/2013 Academic Year, that amounting to 33 students and the teacher of fifth in grade SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo. Data collecting technique are observation, interview, documentation, and test. The technique of data analyze used the interactive model (Miles & Huberman), which consists of data collection, data reduction, data display, and conclusion. Validity data test in this study used data triangulation and triangulation of methods. The result showed that SAVI approach can improve the skill of playing drama in Indonesian learning study from initial condition to the first cycle and from cycle I to cycle II. The improvements can be identified by an increasing of the value in dramatic play skill at every cycle were in the initial conditions of students who scored above KKM (≥ 65) were 13 students (39.4%), in the first cycle increased to 17 students (51.5% ), and the second cycle increased to 28 students (84,8%). While the average value in learning to play the drama on the initial conditions of 61.32, the first cycle of 66.86, and the second cycle increased to 75.23. The conclusion of this research is the implementation of SAVI approach can improve the skill of playing drama at the fifth grade of SDN Joho 02 Mojolaban Sukoharjo at 2012/2013 Academic Year. Keywords: SAVI approach, Skill, Dramatic Play.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 09 May 2014 06:30
    Last Modified: 09 May 2014 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15491

    Actions (login required)

    View Item