PENGARUH PROFESIONALISME, KOMITMEN ORGANISASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPESERTAAN PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (Studi Kasus: Pelayanan Penerbitan Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta Silver Di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Surakarta)

Hidayati, Achadiyah Nurul (2013) PENGARUH PROFESIONALISME, KOMITMEN ORGANISASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPESERTAAN PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (Studi Kasus: Pelayanan Penerbitan Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta Silver Di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1342Kb) | Preview

    Abstract

    Achadiyah Nurul Hidayati. D0109002. Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepesertaan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (Studi Kasus: Pelayanan Penerbitan Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta Silver Di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Surakarta). Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. 80 halaman. Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kota Surakarta merupakan salah satu SKPD yang menangani pelayanan kepesertaan kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS). Keberhasilan BPMPT dalam menyelenggarakan pelayanan akan menjadi cerminan bagi potret birokrasi di Kota Surakarta. Hal ini dikarenakan semua pelayanan perizinan maupun non perizinan dari seluruh SKPD di Surakarta ditangani oleh BPMPT, sehingga apabila pelayanan yang diberikan tidak berkualitas, masyarakat akan merasa tidak puas dengan pelayanan publik di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktual terkait pelayanan pembuatan kartu PKMS Silver di BPMPT Surakarta. Secara lebih spesifik, penulis ingin menguji sejauh mana pengaruh profesionalisme, komitmen organisasi, dan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan dalam penerbitan kartu PKMS Silver di BPMPT Surakarta. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori dari para ahli untuk mendefinisikan tiap variabel penelitian. Profesionalisme mengacu pada teori Hessel (2005), komitmen organisasi mengacu pada teori Sopiah (2008) dan Adekola (2012), teknologi informasi mengacu pada teori Mulyanto (2009), sedangkan kualitas pelayanan mengacu pada teori Ismail (2009). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Surakarta yang melakukan permohonan penerbitan kartu PKMS Silver di BPMPT. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 400 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme, komitmen organisasi, dan teknologi informasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan F hitung (32,68) > dari F tabel (2,63). Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan secara serentak sumbangan pengaruh dari profesionalisme, komitmen organisasi dan teknologi informasi yaitu 19,7% sedangkan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, untuk setiap kenaikan 1 unit tiap variabel independen (X1,X2,X3) dan variabel bebas lainnya tetap, maka kualitas pelayanan akan meningkat sebesar 0,201;0,299;0,398. Kata Kunci: Profesionalisme, komitmen organisasi, teknologi informasi, kualitas pelayanan. Achadiyah Nurul Hidayati. D0109002. The Effect of Professionalism, Organizational Commitment and Information Technology on the Service Administration Quality of Maintenance of Public Health Surakarta (Case Study: Card Publishing Service of Maintenance of Public Health Surakarta Silver in the Investment And Integrated Licensing Agency of Surakarta City.Thesis. Administration Science. Faculty of Social and Political Sciences. Sebelas Maret University. 2013. 80 pages. Investment And Integrated Licensing Agency (IILA) of Surakarta is one of a regional taskforce on service membership card of Maintenance of Public Health Surakarta (MPHS). IILA success of service delivery will be a reflection of the portrait of bureaucracy in Surakarta. This is because all service licensing and non-licensing of all regional taskforce in Surakarta handled by IILA, so if the services provided are not qualified, the public will feel dissatisfied with public services in Surakarta. This research aims to obtain the actual picture related to card publishing service of MPHS Silver in IILA Surakarta. More specifically, the author would like to test the extent of the influence of professionalism, commitment, organization and information technology on quality of service in publishing cards MPHS Silver in BPMPT Surakarta. This research uses a theoretical study of the experts to define each of the variables. Professionalism refers to the Hessel theory (2005), organizational commitment refers to the Sopiah (2008) and Adekola (2012) theory, information of technology refers to the Mulyanto theory (2009), while the quality of service refers to the theory Ismail (2009) This research is an explanative research. The population of research was all the people who do the town of Surakarta MPHS Silver card issuance application in IILA. A total of 400 respondents was taken as the sample. The sample was taken using simple random sampling. Analysis of data using multiple regression analysis. Results of this study indicate that the professionalism, organizational commitment, and information technology together have a positive and significant impact on the quality of service with the F count (32.68)> from F table (2,63). Coefficient of determination analysis results show the effect of the simultaneous contribution of professionalism, commitment and organization of information technology that is 19.7% while the remaining 80.3% is influenced by other factors not examined. Moreover, for every increase of 1 unit of each independent variable (X1, X2, X3) and the other independent variables constant, the quality of service will increase by 0,201; 0.299; 0.398. Keywords: Professionalism, organizational commitment, information technology, quality of service.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 09 May 2014 05:18
    Last Modified: 09 May 2014 05:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15470

    Actions (login required)

    View Item