HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PENGAJARAN DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB IV

Julianti, Umi Fania (2013) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PENGAJARAN DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB IV. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (797Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran. Terkait dengan proses pengajaran yang dilakukan seorang dosen, dituntut agar memiliki keterampilan dan kualitas pengajaran yang baik sehingga mudah merealisasikan perannya dalam proses belajar mengajar melalui komponen pengajaran yang tepat dan motivasi belajar yang tinggi pada mahasiswa akan mempermudah mencapai tujuan pengajaran secara optimal. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas pengajaran dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Askeb IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswi semester IV yang mengikuti mata kuliah Askeb IV. Tehnik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yang berjumlah 44 mahasiswi. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dilakukan analisis bivariat menggunakan Chi Square dan analisis multivariat menggunakan Regresi Logistik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas pengajaran dosen dengan prestasi belajar. 2) ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar. 3) ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas pengajaran dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Askeb IV mahasiswa DIII Kebidanan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Kata kunci : persepsi, kualitas pengajaran, motivasi belajar, prestasi belajar. Education is a means of improving and developing human resource quality through teaching activity. The teaching process conducted by the lecturer in guiding requires a good teaching skill in order to realize her role in teachinglearning process easily there by improving the teaching quality and high learning motivation in the students so that the objective of teaching will be achieved optimally. The objective of research was to analyze The Correlation of Student’s Perception on Lecturer Teaching Quality and Learning Motivation to Learning Achievement of Midwifery Care IV Course. The type was quantitative research, using observational analytic design with cross sectional approach. The sample of research on four semester students attending Midwifery Care IV Course. The sampling technique used was saturated sampling one consisting of 44 students. The instruments of collecting data by questioner and documentation. The data collected was then analyzed using bivariate analysis with Chi Square and multivariate analysis with Logistic Regression uses SPSS program. The result of research shows that: 1) there was a relationship the student’s perception of lecturer teaching quality and the learning achievement, 2) there was a relationship learning motivation and learning achievement, and 3) there was a relationship positive and statistically significant of student’s perception on lecturer teaching quality and learning motivation to learning achievement of Midwifery Care IV Course in the Midwifery Undergraduate students of STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Keywords: perception, teaching quality, learning motivation, learning achievement.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 09 May 2014 05:11
    Last Modified: 09 May 2014 05:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15466

    Actions (login required)

    View Item