Interpretasi Struktur Geologi Zona Prospek Mineralisasi Emas Menggunakan Metode Magnetik di Daerah “X”, Garut, Jawa Barat

Wulandari , Rizki (2014) Interpretasi Struktur Geologi Zona Prospek Mineralisasi Emas Menggunakan Metode Magnetik di Daerah “X”, Garut, Jawa Barat. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (683Kb) | Preview

    Abstract

    Telah dilakukan pengambilan data magnetik di daerah Garut, Jawa Barat . Tujuan yaitu mengetahui zona mineralisasi yang didukung dengan data IP, menganalisis hasil inversi 2D dan mengetahui geologi bawah permukaan. Pengambilan data menggunakan alat Proton Precession Magnetometer (PPM) G856 dan GPS Garmin. Lintasan yang digunakan sebanyak 5 dengan panjang lintasan masing-masing 200 m dan jarak antar lintasan 100 m dengan spasi 5 m Pengolahan data magnetik dilakukan koreksi nilai harian varian dan nilai IGRF. Kontinuitas keatas dilakukan pada ketinggian 400 m kemudian dilakukan reduksi kekutub anomali magnet lokal. Hasil korelasi dengan data IP pada lintasan daerah penelitian memiliki nilai chargeabilitas tinggi pada lintasan C, D, dan E. Dari data yang diperoleh pada lintasan A, B didominasi dengan nilai suseptibilitas kecil maka dapat dikatakan bahwa nilai kemagnetannya kecil. Pada lintasan C, D, dan E bodi yang dihasilkan terdapat nilai suseptibilitas tinggi didekat daerah sesar. Data penampang C-C’ pada lintasan C yang dikorelasikan dengan data IP terlihat bahwa nilai chargeabilitasnya tinggi maka diduga daerah tersebut merupakan daerah prospek mineralisasi emas.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 09 May 2014 16:07
    Last Modified: 02 Sep 2016 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15464

    Actions (login required)

    View Item