STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DAN CROSSWORD PUZZLE PADA METODE PROYEK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NIRMALASARI, DEWI (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DAN CROSSWORD PUZZLE PADA METODE PROYEK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (450Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT This research aims to know: 1) the difference in the students’ academic achievement between students who are taught by using Mind Map and those who are taught by using Crossword Puzzle, 2) the difference between students who have high creativity and those who have low creativity toward the student’s academic achievement, 3) the interaction between project method using Mind Map and Crossword Puzzle media with creativity toward the student’s academic achievement in Coliloid subject. This research used an experimental method with factorial design of 2x2. Sample was taken by Non-Random Sampling technique. Sample in this research was XI IPA1 and XI IPA2 SMA N 1 Banyudono. The collection data was conducted by test and questionnaire methods. Test method for cognitive achievement and creativity, while the questionnaire method for affective achievement. The analysis data used a two-way variance analysis in equal cells. The result of this research showed that: 1) Project method with Mind Map and Crossword Puzzle media cause difference students’ cognitive academic achievement; students’ academic achievement who was taught by using Mind Map was better than students who was taught by using Crossword Puzzle. It can be seen from the average value of cognitive achievement of Mind Map and Crossword Puzzle respectively 86.5 and 82. While the affective achievement there was no difference in Coliloid subject; 2) Creativity causes difference students’ cognitive achievement; students with high creativity has cognitive learning achievement better than students with low creativity; 3) There was no interaction between Mind Map and Crossword Puzzle media with creativity toward the student’s academic achievement. It was shown by the value of p-value (0.711) was bigger than α (0.05) on the cognitive achievement, while the value of p-value (0.982) was bigger than α (0.05) on the affective achievement. Kata Kunci: Project Method, Mind Map, Crossword Puzzle, Creativity, Student’s Achievement, Coliloid. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode proyek dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle, 2) perbedaan kreativitas siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, 3) interaksi antara metode proyek menggunakan media Mind Map dan Crossword Puzzle dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Random Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA N 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif dan variabel kreativitas menggunakan metode tes, prestasi belajar afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis variansi dua jalan dengan sel sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran proyek dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle menyebabkan adanya perbedaan prestasi belajar kognitif siswa. Siswa yang diajar menggunakan metode Mind Map memiliki rata-rata prestasi kognitif lebih baik daripada siswa dengan metode Crossword Puzzle. Hal ini dapat dilihat dari nilai rataan prestasi kognitif Mind Map dan Crossword Puzzle berturut-turut 86,5 dan 82. Sedangkan untuk prestasi belajar afektif, tidak menyebabkan perbedaan pada materi Sistem Koloid; 2) Kreativitas menyebabkan adanya perbedaan prestasi belajar kognitif siswa yaitu siswa dengan kreativitas tinggi mempunyai prestasi belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas rendah; 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran proyek dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle dengan kreativitas terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dari besarnya p-value (0,711) lebih besar dari α (0,05) pada prestasi belajar kognitif, sedangkan besarnya p-value (0,982) lebih besar dari α (0,05) pada prestasi belajar afektif. Kata Kunci: Metode Proyek, Mind Map, Crossword Puzzle, Kreativitas, Prestasi Belajar, Sistem Koloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 09 May 2014 05:07
    Last Modified: 09 May 2014 05:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15463

    Actions (login required)

    View Item