PENERAPAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DENGAN MODEL TOKOH WAYANG PANDAWA

Hastuti, Sri (2012) PENERAPAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DENGAN MODEL TOKOH WAYANG PANDAWA. Cakra Wisata Jurnal Pariwisata Budaya, 12 (1). ISSN 1411-3546

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2312Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan karakter menjadi sebuah preoritas utama dalam tujuan pendidikan di lndonesia, untuk mencetak anak bangsa yang cerdas, berkepribadian dan berkahklak mulia. Salah satu cara peningkatan pendidikan karakter anak bangsa yaitu melalui media pembelajaran yang menarik dan berdasar pada kepribadian bangsa lndonesia. Wayang adalah salah satu budaya bangsa yang perlu dilestarikan karena cerita wayang mengandung banyak nasehat atau ñlosoñ yang perlu disampaikan kepada generasi bangsa ini. Banyak cerita yang memberikan pencontohan tentang kehidupan melalui karakter masingmasing tokohnya. Semua tokoh dalam cerita wayang memiliki karakter yang bersumber dari kepribadian bangsa lndonesia, sehingga sangat pas dijadikan media dalam pembentukan pendidikan karakter bangsa. Dari sekian banyak tokoh wayang, mengambil media tokoh wayang Pandawa mempunyai maksud, selain tokoh Pandawa ini sudah dikenal baik oleh anak didik, sebagai tokoh protagonis, Pandawa banyak memiliki karakter yang pantas dijadikan contoh dalam sebuah pembelajaran karakter di sekolah. Sifat kasih sayang, pemaaf, sabar, bertanggung jawab, suka menolong dan sifat baik lainnya, semua ada pada diri tokoh Panda wa. Kata Kunci: Wayang, Pandawa, Karakter.

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Arissa Aprilia Nurcahyani
    Date Deposited: 08 May 2014 19:20
    Last Modified: 08 May 2014 19:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15434

    Actions (login required)

    View Item