KEWIRAUSAHAAN DI UNS

Susantiningrum, (2012) KEWIRAUSAHAAN DI UNS. Jurnal Kewirausahaan & Bisnis (10). ISSN 1979-861X

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2700Kb) | Preview

    Abstract

    Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu universitas yang menjadi pelopor dalam pengembangan budaya kewirausahaan di perguruan tinggi. Kewirausahaan juga menjadi salah satu budaya kerja ACTIVE di Universitas Sebelas Maret (UNS). ACTIVE yang dimaksud meliputi Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary dan Entrepreneurship. Pada penelitian ini dilakukan survey kepada 2059 orang mahasiswa UNS dari berbagai program studi untuk melihat profil, wawasan kewirausahaan serta dukungan dan hambatan yang diperoleh mahasiswa dalam berwirausaha. Dari hasil survey, diketahui bahwa sebanyak 68% mahasiswa UNS merupakan mahasiswa yang tidak berwirausaha, 15% mahasiswa pernah melakukan kegiatan wirausaha dan saat ini sudah berhenti dan hanya 17% mahasiswa UNS yang saat ini melakukan kegiatan wirausaha disamping kuliah. Untuk menjadi seorang wirausaha diperlukan kemampuan dan sikap mental khusus. Kemampuan-kemampuan tersebut meliputi konsistensi, kemampuan membangun relasi dan network, kreativitas dan inovasi, berani atau keluar dari rasa takut akan gagal, kemampuan berfikir optimis,serta kemampuan memanfaatkan peluang. Selain dari MK kewirausahaan yang diwajibkan di UNS, para mahasiswa memperdalam kemampuan kewirausahaan tersebut dari berbagai seminar, pelatihan workshop dan kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan dalam lingkup UNS. Perkembangan kewirausahaan mahasiswa tidak lepas dari peran internal pribadi mahasiswa, peran keluarga serta lembaga pengajaran dalam hal ini fakultas dan universitas. Dari data peran keluarga terhadap kewirausahaan mahasiswa diketahui bahwa sebanyak 87% keluarga mendukung kegiatan wirausaha mahasiswa, 4% menolak dan sisanya sebanyak 9% bersikap tidak peduli dengan usaha yang dijalankan oleh mahasiswa. Untuk peran fakultas, menurut responden fakultas cenderung tidak peduli dengan pengembangan usaha mahasiswa. Sebanyak 71% responden menyatakan hal tersebut. Dukungan dari universitas pun belum terlalu banyak diberikan kepada mahasiswa. Dari data diketahui bahwa hanya 34% resposden menyatakan bahwa universitas mendorong pengembangan usaha mahasiswa melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di UNS. Kata Kunci : kewirausahaan, universitas, mahasiswa, survey

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Arissa Aprilia Nurcahyani
    Date Deposited: 08 May 2014 18:10
    Last Modified: 08 May 2014 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15403

    Actions (login required)

    View Item