ANALISIS EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI ( STUDI PADA BIRO PERJALANAN HAJI PLUS DAN UMROH ALAJWA PT. AMRIH REJO MAKMUR SURAKARTA )

ROSYID, ELLIDA NUUR (2013) ANALISIS EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI ( STUDI PADA BIRO PERJALANAN HAJI PLUS DAN UMROH ALAJWA PT. AMRIH REJO MAKMUR SURAKARTA ). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (559Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan perusahaan ticketing penerbangan di Indonesia saat ini semakin pesat. Pelayanan reservasi yang di berikan setiap perusahaan ticketing penerbangan semakin hari semakin cepat dan canggih. Demikian juga dengan masalah pelayanan pembelian tiket. Hal ini menjadi salah satu pendorong adanya persaingan antar perusahaan ticketing, tidak terkecuali di Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa PT. Amrih Rejo Makmur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap media promosi yang paling efektif di Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa PT. Amrih Rejo Makmur dimana perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada para konsumen menggunakan media-media periklanan. Data yang digunakan untuk analisis penelitian ini adalah informasi perusahaan dan dokumentasi, salah satunya data rekapitulasi keuntungan Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa PT. Amrih Rejo Makmur Surakarta dari tahun 2009-2012. Sehingga dalam mengukur tingkat efektifitas media promosi yang digunakan Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa PT. Amrih Rejo Makmur Surakarta peneliti dapat lebih mudah mendapatkan jawaban atas apa yang menjadi rumusan masalah. Serta mendapatkan tujuan penelitian dengan menggunakan data-data dari perusahaan yang sudah dianalisis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yakni analisis perbandingan antara biaya dan tingkat keuntungan. Analisis efektifitas dari perbandingan biaya dan keuntungan perusahaan selama empat tahun terakhir (2009-2012) menjelaskan bahwa promosi yang dilakukan Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa PT. Amrih Rejo Makmur Surakarta melalui media radio merupakan media promosi yang paling efektif. Sementara media tabloid dan brosur merupakan media promosi yang tidak efektif. Kata Kunci : Efektifitas media promosi melalui radio The flight ticketing company in Indonesia has been growing rapidly recently. Reservation service provided by every flight ticketing company increases quickly and so does the ticket purchasing system. It becomes one of the reason for the competition among ticketing companies, including Alajwa Tour and travel agent for Haji Plus and Umroh PT. Amrih Rejo Makmur. The objective of research was to examine the effectiveness of promotion media in Al-ajwa Tour and travel agent for Haji Plus and Umroh PT. Amrih Rejo Makmur. Furthermore, that company has implemented three medias, namely radio, tabloid and brochure. The data used for analyzing this research was company profile and documentation, one of them was the profit summary data of Al-ajwa Tour and travel agent for Haji Plus and Umroh PT. Amrih Rejo Makmur Surakarta from 2009-2012. By using the profit summary, the writer could achieve the objective of the research and make the conclusion of the problem statement. The analysis of the research used descriptive analysis, the comparative analysis of cost and profit. The analysis on the effectiveness of company’s cost and profit for four years show that the promotion done by Al-ajwa Tour and travel agent for Haji Plus and Umroh PT. Amrih Rejo Makmur through radio was the most effective promotion media. While the promotion through tabloid and brochure were the least effective promotion one. Keywords: The effectiveness of promotion media through radio.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 08 May 2014 07:58
    Last Modified: 08 May 2014 07:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15359

    Actions (login required)

    View Item