PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIDUWUR 2 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SUPRAPTO, SUPRAPTO (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIDUWUR 2 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (366Kb) | Preview

    Abstract

    Suprapto. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIDUWUR 2 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas sebelas Maret Surakarta, Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman konsep energi bunyi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep energi bunyi setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui model pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kondisi awal sebesar 62,43 kemudian meningkat menjadi 67,30 pada siklus I; dan pada siklus II meningkat menjadi 73,51. Ketuntasan klasikal pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal siswa yang tuntas mencapai 17 siswa (45,95%), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa atau (70,27%). Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 34 siswa (91,89%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep energi bunyi pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, energi bunyi, pemahaman konsep. Suprapto. THE IMPROVEMENT OF SOUND ENERGY’S CONCEPT UNDERSTANDING THROUGH CONTEXTUAL LEARNING MODEL TO THE FOURTH GRADE STUDENTS AT SD NEGERI SAMBIDUWUR 2 TANON SRAGEN ACADEMIC YEAR 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2013. The aim of this research is to improve the understanding of sound energy’s concept through contextual learning model on the fourth grade students at SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen academic year 2012/2013. This class action research was conducted on two cycles. Each cycle consists of four steps, they were planning, implementation, observing, and reflecting. The subject of this research were teacher and the fourth grade students of SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon District, Sragen Region. The data source of this research were teacher, students, and observer. The data were vaidated by using source and technique triangulations. The data was analyzed by interactive analysis model technique which consist of three components, they were data reduction, data display, and summarizing or verifying. The result of this research showed that there were improvement of sound energy’s concept as the class action conducted through contextual learning model. The improvement could be seen from the class average gain in the pre cycle amounted to 62,43 then increased to 67,30 in the first cycle; and increased to 73,51 in the second cycle. The classical completeness on the fourth grade students of SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen increased from 17 students (45,95%) in the pre cycle to 26 students (70,27%) in the first cycle. In the second cycle it increased again to 34 students (91,89%). Based on the result of conducted research it could be concluded that the implementation of contextual learning model could improve the understanding of sound energy’s concept on the fourth grade students at SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen academic year 2012/2013. Keywords: Contextual learning model, sound energy, concept understanding.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 08 May 2014 07:20
    Last Modified: 08 May 2014 07:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15349

    Actions (login required)

    View Item