PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PENDEK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEPAT 3, MASARAN, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SODRI, SODRI (2013) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PENDEK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEPAT 3, MASARAN, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (546Kb) | Preview

    Abstract

    Sodri. PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PENDEK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEPAT 3, MASARAN, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran bercerita dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III SD Negeri Sepat 3 kecamatan Masaran, Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Sepat 3 Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yan berjumlah 16 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan adalah hasil pengamatan proses dan data nilai pembelajaran kemampuan bercerita menggunakan media audio visual, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita siswa dari skor rata-rata pratindakan sebesar 50 dengan persentase ketercapaian ketuntasan sebesar 31,25%, meningkat menjadi 61 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 75% pada siklus I. Meningkat lagi menjadi 88,50 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 93,75% pada siklus II. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Sepat 3, Masaran, Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: keterampilan bercerita, media audio visual Sodri. THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA TO IMPROVE SHORT STORYTELLING SKILLS IN GRADE III OF STATE PRIMARY SCHOOL 3 OF SEPAT, MASARAN, SRAGEN IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013. Scripst, Surakarta, The Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. July 2013. The purpose of this research is to improve short storytelling skills of students by using audio visual media in grade III of State Primary School 3 of Sepat, Masaran sub-district, Sragen in the academic year 2012/2013. This research used the classroom action research method which lasts on two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students in Grade III of State Primary School 3 of Sepat, Masaran sub-district, Sragen as many as 16 students consisting of 10 male students and 6 female students. The data of the research were gathered from observation process and learning the value of data with the ability to storytelling by using audio visual media, informants, anf documents. The data were validated by using data source and method triangulations. They were then analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research show that prior to the treatment, the class average score on the short storytelling skills is 50 with the minimum learning completeness of 31,25%. Following the treatment, the class average scores become 61 with the minimum learning completeness of 75% in cycle I, and 88.50 with the minimum learning completeness of 93.75% in cycle II respectively. Based on the results of the research, a conclusion is drawn that the use of audio visual media can improve short storytelling skills of students in grade III of state primary school 3 of Sepat, Masaran, Sragen in the academic year 2012/2013. Keywords: storytelling skills, audio visual media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 08 May 2014 07:17
    Last Modified: 08 May 2014 07:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15348

    Actions (login required)

    View Item