PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013

Karimah, Ratri Nur (2013) PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (159Kb) | Preview

    Abstract

    Ratri Nur Karimah. PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2013. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses dan hasil kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri dengan menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas, berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri dengan jumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan mind mapping sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) angket, dan (4) tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari: (1) keaktifan siswa dalam bertanya, (2) kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas, (3) keaktifan siswa dalam bekerjasama dan berinteraksi, (4) ketepatan langkah-langkah dalam menulis argumentasi, dan (5) kedisplinan siswa. Pada siklus I, rata-rata siswa mencapai 73,81. Pada siklus II, rata-rata siswa menjadi 79,00. Peningkatan proses keterampilan menulis argumentasi siswa juga dilihat dari meningkatnya persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (≥ 75) pada tiap siklusnya. Pada siklus I, presentase jumlah siswa yang mencapai KKM 56,25% (18 siswa), dan meningkat mencapai 87,50% (28 siswa) pada siklus II. Peningkatan hasil kemampuan menulis argumentasi ditunjukkan dari: (a) pengembangan isi karangan, (b) organisasi isi, (c) penggunaan kosakata, (d) penggunaan bahasa, dan (e) aspek mekanik. Pada siklus I, rata-rata siswa mencapai 76,97 dan meningkat menjadi 83,84. Selain itu, dapat dilihat juga dari meningkatnya persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (≥ 75) pada tiap siklusnya. Pada survei awal, hanya ada 46,88% siswa yang mampu mencapai KKM. Siklus I, sebanyak 65,62% siswa mampu mencapai KKM. Pada siklus II, sebanyak 93,75% siswa mencapai KKM. Simpulan penelitian ini, penerapan mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses menulis argumentasi siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri. Di samping itu, mind mapping juga dapat meningkatkan kualitas proses menulis argumentasi siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Wonogiri. Kata kunci: mind mapping, kemampuan menulis, argumentasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 08 May 2014 07:12
    Last Modified: 08 May 2014 07:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15347

    Actions (login required)

    View Item