UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BALEHARJO 3, SUKODONO, SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013

SEMI, SEMI (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BALEHARJO 3, SUKODONO, SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (527Kb) | Preview

    Abstract

    Semi. UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BALEHARJO 3, SUKODONO, SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SD Negeri Baleharjo 3, Sukodono, Sragen tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Baleharjo 3, Sukodono, Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data di gunakan adalah observasi, dokumentasi,dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita siswa dari skor rata-rata pratindakan sebesar 65,75 dengan persentase ketercapaian ketuntasan sebesar 37,5%, meningkat menjadi 72,25 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 75% pada siklus I. Meningkat lagi menjadi 78 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 87,5% pada siklus II. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Baleharjo 3, Sukodono, Sragen tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: keterampilan bercerita, media gambar Sodri. IMPROVING THE STORYTELLING SKILLS THE THROUGH PICTURE MEDIA IN GRADE III OF STATE PRIMARY SCHOOL 3 OF BALEHARJO, SUKODONO, SRAGEN IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013. Scripst, Surakarta, The Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. July 2013. The purpose of this research is to improve short storytelling skills of students by using picture media in grade III of State Primary School 3 of Baleharjo, Sukodono sub-district, Sragen in the academic year 2012/2013. This research used the classroom action research method which lasts on two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students in Grade III of State Primary School 3 of of Baleharjo, Sukodono sub-district, Sragen as many as 16 students. The data of the research were gathered from observation, documentation, and presentation test. The data were validated by using data source and method triangulations. They were then analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research show that prior to the treatment, the class average score on the short storytelling skills is 65,75 with the minimum learning completeness of 37,5%. Following the treatment, the class average scores become 75,25 with the minimum learning completeness of 75% in cycle I, and 78 with the minimum learning completeness of 87,5% in cycle II respectively. Based on the results of the research, a conclusion is drawn that the use of picture media can improve short storytelling skills of students in grade III of state primary school 3 of Baleharjo, Sukodono sub-district, Sragen in the academic year 2012/2013. Keywords: storytelling skills, picture media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 07 May 2014 23:32
    Last Modified: 07 May 2014 23:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15314

    Actions (login required)

    View Item