STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE ) DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMA N 1 JATISRONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Widodo, Puguh (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE ) DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMA N 1 JATISRONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (238Kb) | Preview

    Abstract

    Puguh Widodo. X4307043. STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE ) DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMA N 1 JATISRONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Mei 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi model pembelajaran siklus belajar (learning cycle 5E) dengan konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle 5E) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono sebanyak 214 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, sehingga diperoleh kelas X7 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan X1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non test berupa dokumentasi nilai. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran siklus belajar (learning cycle 5E) berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono pada ranah kognitif. Hasil uji T dengan taraf signifikansi 0,023.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 07 May 2014 23:31
    Last Modified: 07 May 2014 23:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15313

    Actions (login required)

    View Item