PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS II SD NEGERI KARANGWARU 1, PLUPUH, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MULYANI, MULYANI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS II SD NEGERI KARANGWARU 1, PLUPUH, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (528Kb) | Preview

    Abstract

    Mulyani. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS II SD NEGERI KARANGWARU 1, PLUPUH, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan melalui media realia pada siswa kelas II SD Negeri Karangwaru 1, Plupuh, Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Karangwaru I Plupuh Sragen yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data di gunakan adalah observasi, dokumentasi,dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan siswa dari skor rata-rata pratindakan sebesar 54,95 dengan persentase ketercapaian ketuntasan sebesar 57%, meningkat menjadi 63,92 dengan persentase ketercapaian ketuntasan kelas sebesar 60% pada siklus I. Meningkat lagi menjadi 72,38 dengan persentase ketercapaian ketuntasan kelas sebesar 88% pada siklus II. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan pada siswa kelas II SD Negeri Karangwaru 1, Plupuh, Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: membaca menulis permulaan, media realia Sodri. IMPROVING THE PRELIMINARY READING WRITING SKILLS THROUGH REALIA MEDIA OF STUDENTS IN GRADE II OF STATE PRIMARY SCHOOL 1 OF KARANGWARU, PLUPUH, SRAGEN IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013. Scripst, Surakarta, The Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. July 2013. The purpose of this research is to improve preliminary reading writing skills of students by using realia media in grade II of State Primary School 1 of Karangwaru, Plupuh sub-district, Sragen in the academic year 2012/2013. This research used the classroom action research method which lasts on two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students in Grade II of State Primary School of Karangwaru, Plupuh sub-district, Sragen as many as 25 students. The data of the research were gathered from observation, documentation, and presentation test. The data were validated by using data source and method triangulations. They were then analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research show that prior to the treatment, the class average score on the preliminary reading writing skills is 54.95 with the minimum learning completeness of 57%. Following the treatment, the class average scores become 63.92 with the minimum learning completeness of 60% in cycle I, and 73.38 with the minimum learning completeness of 88% in cycle II respectively. Based on the results of the research, a conclusion is drawn that the use of realia media can improve preliminary reading writing skills of students in grade II of State Primary School 1 of Karangwaru, Plupuh sub-district, Sragen in the academic year 2012/2013. Keywords: preliminary reading writing skills, realia media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 07 May 2014 23:24
    Last Modified: 07 May 2014 23:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15309

    Actions (login required)

    View Item