PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)

Priyatama, Tunggul (2013) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1503Kb) | Preview

    Abstract

    This study aimed to determine the influence of company characteristic (firm size, profitability, leverage, firm age, and public ownership) to corporate social responsibility disclosure (CSRD) in Indonesia. The extent of CSRD was measured based on reporting standard items Global Reporting Initiative (GRI 3.1) which disclosed in companies annual report. The population of this study are manufacturing company listed on the Indonesian Stock Exchange (IDX) 2009- 2011. Sampel used in this study was of 87 annual report of the companies. The method used in the selection of objects in this study was purposive sampling. The model analysis in this study is a model multiple linear regression analysis with the aid of a computer program SPSS version 17.0 for Windows. The results of regression testing showed a significant positive influence between the variables firm size, profitability, and public ownership of the corporate social responsibility disclosure. Age company shows a significant negative effec, whereas for the leverage variable has no effect on corporate social responsibility disclosure (CSRD). So, from the statistical results and discussion in this study it can be concluded that the company characteristics affect to corporate social responsibility disclosure (CSRD). Key words: corporate social responsibility disclosure, firm size, profitability, leverage, firm age, public ownership. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, umur perusahaan, dan kepemilikan publik) terhadap corporate social responsibility disclosure (CSRD) di Indonesia. Luas corporate social responsibility disclosure diukur berdasarkan pada item standar pelaporan Global Reporting Initiative (GRI 3.1) yang diungkapkan di dalam laporan tahunan perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 laporan tahunan perusahaan. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17.0 for windows. Hasil pengujian regresi menunjukan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kepemilikan publik terhadap corporate social responsibility disclosure (CSRD). Umur perusahaan menunjukkan pengaruh negatif signifikan, sedangkan untuk variabel leverage tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (CSRD). Jadi, dari hasil statistik dan pembahasan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (CSRD). Kata Kunci: corporate social responsibility disclosure (CSRD), size, profitabilitas, leverage, age, kepemilikan publik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 07 May 2014 23:21
    Last Modified: 07 May 2014 23:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15308

    Actions (login required)

    View Item