HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI INSTITUSI PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Lestari, Reny Diah (2013) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI INSTITUSI PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (130Kb) | Preview

    Abstract

    RENY DIAH LESTARI. NIM: S541202115. 2013. Hubungan Lingkungan Belajar Di Institusi Pendidikan Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswi Pada Matakuliah Fisiologi Program Studi DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd., II. Dr. Sariyatun,M.Pd., M.Hum. Pendidikan adalah dunia yang bersifat dinamis. Hal ini dapat dilihat dari berubahnya paradigma pembelajaran dari paradigma pembelajaran behavioristik menjadi paradigma konstruktivistik. Berawal dari pandangan tersebut kegiatan pembelajaran sedapat mungkin dilaksanakan dalam lingkungan spesifik dan kondusif agar terjadi proses belajar-mengajar yang optimal sehingga mahasiswa termotivasi untuk belajar, dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiswi. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar di institusi pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswi pada matakuliah fisiologi, 2) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswi pada matakuliah fisiologi, 3)serta untuk mengetahui secara bersama-sama hubungan lingkungan belajar di institusi pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswi pada matakuliah fisiologi, dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasional, Pendekatan yang digunakan adalah Cross Sectional, pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi Tingkat I DIII Kebidanan Falkutas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan jumlah 36 mahasiswi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Regresi linier ganda dan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Hasil analisis Penelitian menunjukkan bahwa :1). Ada hubungan yang kuat lingkungan belajar di institusi pendidikan dengan prestasi belajar matakuliah fisiologi dengan nilai signifikan 0.903 > 0.05. 2). Ada hubungan yang kuat motivasi belajar dengan prestasi belajar matakuliah fisiologi dengan nilai signifikan 0.930 > 0.05. 3). ada hubungan antara lingkungan belajar di institusi pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswi pada matakuliah fisiologi prodi DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan hasil regresi penelitian 128,350>3,172 (Fhitung > Ftabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk sumbangan efektif lingkungan belajar di institusi pendidikan sebesar 30,93% terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar sebesar 57,66% terhadap prestasi belajar. Kata kunci : Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar RENY DIAH LESTARI. NIM: S541202115. 2013. The Relationship Between Learning Environment Educational Institution and Learning Motivation With Students achievement In Physiology Class in Diploma III Program of Midwifery Sebelas Maret University of Surakarta. TESIS. The First Consultant is Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. and The Second Consultant is Dr. Sariyatun, M.Pd.,M. Hum. Education is a world wich is dynamic. It can be seen from the changes of the learning paradigm from behavioristic paradigm constructivist paradigm. Starting from point of view of learning activities is possible and implemented in a specific environment and conducive for teaching and learning process with is optimal so the students are motivated to learn, thus expected to improve student achievement. The purposes are 1) determine the relationship of the learning environment in educational institutions with student learning achievement in physiology class, 2) determine the relationship learning and the students achievement in physiology class, 3) and to identivy the relationship learning environment in educational institutions and learning motivation with students’ learning achievement in physiology class, and influence. The method of Research. The type of Research methods used is correlational study, the approach used was a cross sectional, cluster sample using random sampling. The sample in this study is the first Diploma III of Midwifery student of medical Faculty Sebelas Maret University of Surakarta with 36 students. The collected data were analyzed using multiple linear regression and SPSS 20.0 for Windows. The result of this research shows that: 1). There is a strong relationship with educational learning environment with the learning achievement of physiology class with a significant value 0.903> 0.05. 2). There is a strong relationship motivation with the achievement in learning of physiology class with a significant value of 0.930> 0.05. 3). there is a relationship between the learning environment in educational institutions and motivation with students learning achievement in Diploma III program of midwifery in sebelas mater university of Surakarta, the regression results of the research 128.350> 3.172 (F count> F table) so that Ho is rejected and Ha accepted. The Effective contribution to the learning environment in educational institutions amounted to 30.93% of learning achievement and motivation in learning use 57.66% on learning achievement. Keywords: Learning Environment, Motivation, Learning Achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 07 May 2014 22:56
    Last Modified: 07 May 2014 22:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15301

    Actions (login required)

    View Item