FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER AKUNTANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2011

WIJAYA, BERNARDUS VICTOR (2011) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER AKUNTANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1343Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat peserta didik kelas XI IPA mengikuti ekstrakurikuler akuntansi di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, analisis dokumen dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis interaktif mengalir. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari 6 faktor yang mempengaruhi munculnya minat, tetapi setelah dilakukan analisis dan pembahasan oleh peneliti maka dapat disimpulkan menjadi 4 faktor yang mempengaruhi minat peserta didik yang kemudian digolongkan menjadi 2 faktor utama yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. (1) Faktor Intrinsik : (a) Keinginan untuk berprestasi dari anak kelas XI IPA dari mengikuti ekstrakurikuler ini. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya keinginan untuk berprestasi di waktu yang akan datang yaitu mengambil atau memilih jurusan IPS khususnya akuntansi pada saat mereka akan kuliah, seperti keinginan untuk menempuh kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). (b) Faktor untuk mengisi waktu luang. Peserta didik kelas XI IPA mengikuti ekstrakurikuler akuntansi selain adanya keinginan untuk berprestasi adalah untuk mengisi waktu luang mereka untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. (2) Faktor Ekstrinsik : (a) Faktor keluarga, bagi peserta didik kelas XI IPA, dukungan dari pihak keluarga merupakan salah satu faktor terpenting yang membuat munculnya minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akuntansi. Karena dengan dukungan dari keluarga khususnya dari orang tua akan membuat mereka lebih semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akuntansi. (b) Faktor teman pergaulan, teman pergaulan mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi peserta didik kelas XI IPA untuk mengikuti ekstrakurikuler akuntansi ini. Hal ini dikarenakan adanya ajakan teman untuk mengikuti ekstrakurikuler akuntansi mampu membuat peserta didik mempunyai minat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu dengan adanya teman yang mengikuti ekstrakurikuler yang sama dengan peserta didik, membuat peserta didik semakin bersemangat dalam mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 07 May 2014 22:45
    Last Modified: 07 May 2014 22:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15298

    Actions (login required)

    View Item