TRANSPORTASI SEDIMEN OLEH KOMBINASI ALIRAN PERMANEN BERATURAN DAN GELOMBANG SERAGAM

Widjojo JB, Sunardi (2010) TRANSPORTASI SEDIMEN OLEH KOMBINASI ALIRAN PERMANEN BERATURAN DAN GELOMBANG SERAGAM. Media Teknik Sipil, X. pp. 1-6. ISSN 1412-0976

[img] PDF
Download (525Kb)

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mencari persamaan paling tepat untuk menghitung angkutan sedimen yang disebabkan oleh kombinasi antara aliran permanen beraturan dan gelombang seragam. Penelitian dilakukan di dalam flume, menggunakan aliran sirkulasi searah serta gelombang searah aliran. Bahan sedimen berupa pasir alam lepas berdiameter seragam yaitu : 0,3; 0,425 dan 0,85 mm, dengan shape faktor < 1. Analisis data dilakukan untuk membuat plot pembanding terhadap garis teori Madsen dan Grant. Dalam penelitian ini faktor gesekan Jonsson dan Tanaka Shuto digunakan untuk menganalisis dua faktor data pengamatan. Hasil analisis dengan dua macam faktor gesekan diplot menjadi grafik tak berdimensi, dengan parameter Sheilds pada sumbu horisontal dan intensitas angkutan sedimen pada sumbu vertikal. Analisis dan ploting juga dilakukan terhadap formula Madsen dan Grant yang telah dimodifikasi. Dari kedua teori tersebut dipilih plot yang paling sesuai dengan garis-garis teori Madsen dan Grant. Persamaan empiris paling baik diperoleh dari plot yang dibuat berdasarkan teori Madsen dan Grant yang telah dimodifikasi, dengan faktor gesekan Tanaka-Shuto. Kata kunci : Aliran permanen beraturan, gelombang seragam, transportasi sedimen Abstract The aim of this research is to find the suitable formula for sediment transport generated by combining unidirectional steady uniform flow and regular waves. The experiment is carried out in a small flume by using circulated steady uniform flow and regular waves. The speciments are made of a non-cohesive natural sand size of 0.3, 0.425 and 0.85 mm respectively and shape factor < 1. Result of analysis are used to make non- dimensional plots to compare with the theoritical line of Madsen and Grant. Friction coefficients of Jonsson and Tanaka-Shuto are used in the data analysis. The non-dimensional plots consist of sheilds parameter and intensity of sediment transport. The modified Madsen and Grant formula is also analysed and plotted. The most suitable plot to the theory of Madsen and Grant is selected. The research found that the best empirical formula is given by the modified Madsen and Grant formula with friction coefficient of Tanaka-Shuto. Keywords : Sediment transport, steady uniform flow, regular waves.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Aliran permanen beraturan, gelombang seragam, tr ansportasi sedimen Sediment transport, steady uniform flow, regular waves.
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 09 Jul 2013 13:11
    Last Modified: 09 Jul 2013 13:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1528

    Actions (login required)

    View Item