PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI POKOK NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII SMP PANCASILA IX BATUWARNO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PALUPI, DYAH RETNO (2009) PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI POKOK NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII SMP PANCASILA IX BATUWARNO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (600Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII B SMP Pancasila IX Batuwarno Tahun Ajaran 2009/2010 pada materi pokok nilai-nilai pancasila dengan penerapan peta konsep. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Tiap siklus ada 4 tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan (Planning), (2) Pelaksanaan Tindakan ( Acting), (3) Observasi (Observing) dan (4) refleksi (Reflecting). Sebagai subjeknya adalah siswa kelas VIII B SMP Pancasila IX Batuwarno yang berjumlah 31 siswa. Subjek ini dipilih karena kelas ini mempunyai rata- rata kelas terendah di antara kelas VIII yang lainnya. Teknik pengumpulan data untuk variabel peningkatan prestasi/hasil belajar PKn melalui penerapan peta konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, tes, angket balikan siswa serta foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang mempunyai 3 buah komponen, yaitu : pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan, bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan prestasi/hasil belajar PKn untuk materi pokok nilai-nilai pancasila pada siklus I bisa mendapatkan rata-rata kelas 64,83 yang semula pada tes awal rata-rata kelasnya hanya 57,42 mengalami peningkatan, begitu juga pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 5,65 % yaitu menjadi 70,48. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran PKn dengan penerapan peta konsep dapat meningkatkan prestasi/hasil belajar PKn pada siswa Kelas VIII B SMP Pancasila IX Batuwarno Tahun Ajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 07 May 2014 21:15
    Last Modified: 07 May 2014 21:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15270

    Actions (login required)

    View Item