Kampanye Taat Pajak dan Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan (Studi Evaluasi Efektivitas Program Kampanye Taat Pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi)

Setianingsih, Ratna (2013) Kampanye Taat Pajak dan Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan (Studi Evaluasi Efektivitas Program Kampanye Taat Pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (358Kb) | Preview

    Abstract

    Sebagai negara berkembang, Indonesia tidak terlepas dari kegiatan pembangunan nasional. Pembangunan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengembangan atau mengadakan perubahan - perubahan kearah keadaan yang lebih baik. Dalam membiayai pembangunan salah satu upaya pemerintah adalah menyerap dari sektor pajak. Pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar bagi Indonesia. Penerimaan pajak terbesar tahun 2007 berasal dari Pajak Penghasilan, yaitu mencapai 95 milyar. Namun, potensi masyarakat yang seharusnya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak belum tergali secara optimal karena masih rendahnya kesadaran masyarakat. Berawal dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan dirinya sebagai Wajib Pajak dan mengingat pentingnya pajak dalam perekonomian di Indonesia maka Ditjen Pajak melalui KPP Pratama melakukan kampanye taat pajak. Dalam mensukseskan program tersebut dipandang perlu untuk memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban perpajakan. Dengan kampanye diharapkan kepatuhan wajib pajak dapat timbul dari diri wajib pajak. Dalam rangka mewujudkan Wajib Pajak Orang Pribadi yang patuh dan taat, berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor : SE-32/PJ/2010 tentang Penegasan Tindak Lanjut Kantor Pelayanan Pajak Pratama terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi maka perlu diadakan kampanye taat pajak yang berupa pembinaan, edukasi, dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Kampanye Taat Pajak Oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan pelaksanaan Program Kampanye Taat Pajak Oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Sejalan dengan tujuan penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Metode analisis data penelitian yang digunakan adalah CIPP. Sumber datanya ada dua, yaitu wawancara dengan Pelaksana dan Peserta Program. Tehnik pengambilan data menggunakan tiga cara yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, tehnik yang digunakan adalah trianggulasi data (sumber). Tehnik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program kampanye taat pajak yang dilakukan oleh KPP Pratama Karanganyar cukup baik commit toprogram user karena menghasilkan suatu efektivitas dari yang dapat dibuktikan dengan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 07 May 2014 20:25
    Last Modified: 07 May 2014 20:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15255

    Actions (login required)

    View Item