UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PAGAK 2 SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SETYAWAN, BOY (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PAGAK 2 SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1036Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VI SD Negeri Pagak 2 Sumberlawang Sragen tahun ajaran 2011 / 2012 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Pagak 2 Sumberlawang tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 12 siswa, terdiri atas 7 siswa putra dan 5 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar lompat tinggi gaya straddle. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VI SD Negeri Pagak 2 Sumberlawang Sragen. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 58,4% jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 83,4%, sedangkan siswa yang tuntas 10 siswa. The purpose of this study was to determine: to know the increase of learning styles straddle high jump at the Elementary School sixth grade students Pagak 2 Sumberlawang Sragen the academic year 2011 / 2012 through the implementation of modifications to a learning tool. This research was classroom action research is implemented in two cycles. Each cycle has four steps: Planning, Implementation, Observations, and Reflections. Source of research data is Elementary School sixth grade students Pagak 2 Sumberlawang school year 2011/2012 amounted to 12 students, consisting of seven boys and five female student. Data collection techniques by observation, testing capabilities, and research results of learning style straddle high jump. Data analysis techniques used in this study is a qualitative descriptive statistics. Based on the research results can be concluded that learning through modification of the application of learning tools, can improve learning outcomes in the high jump style straddle Elementary School sixth grade students Pagak 2 Sumberlawang Sragen. From the results of analysis obtained a significant increase of cycle I and cycle II. The results of studying the high jump style straddle the cycle I in the category is 58.4% completed the number of students who completed the seven students. In cycle II an increase in the percentage of student learning outcomes in the category at 83.4% complete, while students who complete 10 students.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 07 May 2014 19:07
    Last Modified: 07 May 2014 19:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15253

    Actions (login required)

    View Item