KEMAMPUAN DEFERED TAX EXPENSE DAN AKRUAL DALAM MENDETEKSI EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI

S. P., Andrie Kusuma (2013) KEMAMPUAN DEFERED TAX EXPENSE DAN AKRUAL DALAM MENDETEKSI EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (298Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah menguji apakah beban pajak tangguhan dan akrual dapat digerakkan untuk mendeteksi manajemen laba dalam menghindari peurunan laba dan kerugian. Akrual diukur menggunakan model Total Akrual dan model Modifikasi Jones. Sampel dari penelitia ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2008-2010. Berdasarkan purposive sampel yang dilakukan diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan. Metode analisa dari penelitian ini menggunakan regresi logistic. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa (1) beban pajak tangguhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba dalam menghindari pelaporan penurunan laba; (2) akrual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pendeteksian untuk menghindari pelaporan penurunan laba; (3) beban pajak tangguhan dan akrual tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen laba didalam pendektesian untuk menghindari kerugian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 07 May 2014 06:47
    Last Modified: 07 May 2014 06:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15227

    Actions (login required)

    View Item