PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGABEYAN 03 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Hartono, Warpoko (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGABEYAN 03 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (686Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Ngabeyan 03 Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas (PTK). Penelitia dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Ngabeyan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 12 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa, data hasil belajar lompat jauh diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain. Teknik analisis data yang dideskripsikan adalah secara deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat menimbulkan hasil belajar lompat jauh. hasil belajar tersebut meliputi aspek afektif., kognitif, dan psikomotor dari 25 siswa hanya 9 siswa yang mencapai KKM atau 36% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 60% atau 15 siswayang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 84% atau 21 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri 03 Ngabeyan dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa. Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 03 Ngabeyan Kartasura tahun ajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 07 May 2014 06:05
    Last Modified: 07 May 2014 06:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15218

    Actions (login required)

    View Item