PENGARUH BUDAYA ORGANISASI PADA STRATEGI PERUSAHAAN (Studi pada UKM di Kota Surakarta)

Panuntun, Bagus (2013) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI PADA STRATEGI PERUSAHAAN (Studi pada UKM di Kota Surakarta). EngD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (budaya adhocracy, budaya hirarki, strategi inovasi, strategi imitasi, dan ukuran perusahaan (size)) - Published Version
Download (404Kb) | Preview

    Abstract

    This study is performed to examine the effect of adhocracy culture and hierarchy culture toward innovation and imitation strategy with firm size as a moderation variable. The objective of this study is to analyze the effect of adhocracy culture and hierarchy culture toward innovation and imitation strategy with firm size as a moderate variable. The sample of this research is about 30 small and medium furniture enterprise of 50 small and medium furniture enterprise population in Surakarta city. The sampling technique used convenience sampling by supply questioner to responden. Data taken the questioner has been allotted. This study using hierarchical regression analysis. The results of this research is indicate that adhocracy culture were significantly positive effect toward innovation strategy. Hierarchy culture were significantly positive effect toward imitation strategy. Firm size variable does not significantly effect influence organizational culture toward organizational strategy, but firm size variable significantly effect toward organizational strategy. If the small and medium furniture enterprise will became market leader, manager must use innovation strategy with adhocracy culture apply. If small and medium furniture enterprise will market adherent, manager must use imitation strategy with hierarchy culture apply. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh budaya adhocracy dan budaya hirarki pada strategi inovasi dan strategi imitasi dengan ukuran perusahaan (size) sebagai variabel moderasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh budaya adhocracy dan budaya hirarki pada strategi inovasi dan strategi imitasi dengan ukuran perusahaan (size) sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 UKM mebel dari jumlah populasi 50 UKM Mebel di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah convenience sampling dengan cara pemberian kuisioner kepada responden. Data dalam penelitian ini diambil dari kuisioner yang dibagikan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi hirarkikal. Hasil penelitian ini adalah budaya adhocracy berpengaruh positif dan signifikan pada strategi inovasi. Budaya hirarki berpengaruh signifikan positif pada strategi imitasi. Variabel size tidak memoderasi pengaruh budaya organisasi pada strategi perusahaan, namun variabel size berpengaruh signifikan pada strategi perusahaan. Peneliti menyarankan bagi UKM di kota Surakarta jika akan menjadi pemimpin pasar harus selalu melakukan inovasi dengan menerapkan budaya adhocracy. Jika para pemilik UKM ingin menjadi pengikut pasar strategi yang diterapkan adalah strategi imitasi dengan menganut budaya hirarki.

    Item Type: Thesis (EngD)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 06 May 2014 20:26
    Last Modified: 06 May 2014 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15190

    Actions (login required)

    View Item