PENGARUH KETEBALAN KAMPAS REM TERHADAP GETARAN SISTEM REM CAKRAM PADA BERBAGAI KONDISI PENGEREMAN

UTOMO, WAHYU (2013) PENGARUH KETEBALAN KAMPAS REM TERHADAP GETARAN SISTEM REM CAKRAM PADA BERBAGAI KONDISI PENGEREMAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF
Download (263Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi getaran pada rem dan menganalisis parameter-parameter yang berpengaruh terhadap respon getaran yang terjadi. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan aspek ketebalan kampas pada rig uji ketebalan kampas rem dengan parameter-parameter pengoperasian, meliputi tekanan pengereman dan putaran poros. Pengujian dilakukan pada ketebalan kampas rem (9, 6, dan 3) mm, dengan variasi tekanan pengereman 0,6 bar dan 1 bar, pada arah axial dan radial pada putaran poros (425, 637, 850, dan 1061) rpm, pengukuran getaran dengan alat vibration meter Lutron VB_8202. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan nilai amplitudo getaran sebesar 2-4,7 m/s2 mengindikasikan terjadi keausan kampas rem. Peningkatan nilai amplitudo getaran disebabkan oleh berkurangnya masa kampas, yang mempengaruhi penurunan nilai redaman terhadap getaran. Peningkatan tekanan pengereman dan putaran poros akan meningkatkan gaya eksitasi yang menyebabkan nilai amplitudo getaran semakin meningkat. kata kunci: Getaran rem, Ketebalan kampas rem, tekanan pengereman, redaman. The aim of this study is to determine the condition of the brake vibration and analyze the parameters that affect the vibration response occurring. Test was carried out by varying the thickness of the brake lining aspect on brake pad thickness test rig to the parameters of operation, covering braking pressure and shaft rotation. Tests performed on the thickness of the brake lining (9, 6 and 3 )mm, with a variation of the braking pressure 0.6 bar and 1 bar, the axial and radial direction shaft rotation (425, 637, 850, and 1061) rpm, vibration measurement used Lutron VB_8202 vibration meter. The test results showed that increase in vibration amplitude of 2-4,7 m/s2indicate brake lining wear. The increase in vibration amplitude was caused by the decline mass of brake pad, which affects to the reduction of the damping vibration. Increase braking pressure and shaft speed will increase the excitation force which caused the value of the vibration amplitude increased. Keywords: Brake vibration, brake lining thickness, brake pressure, damping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 06 May 2014 19:19
    Last Modified: 06 May 2014 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15170

    Actions (login required)

    View Item