PENGARUHMETODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ETIKA KEPERAWATAN (Akademi Keperawatan Bina Sehat PPNI Mojokerto)

LAILI, SITI INDATUL (2013) PENGARUHMETODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ETIKA KEPERAWATAN (Akademi Keperawatan Bina Sehat PPNI Mojokerto). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (416Kb) | Preview

    Abstract

    SITI INDATUL LAILI, NIM S 541202130. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Etika Keperawatan (Akademi Keperawatan Bina Sehat PPNI Mojokerto), Pembimbing I: Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes.; Pembimbing II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Tesis, Magister Kedokteran Keluarga, Minat Utama Pendidikan Kesehatan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2013. Latar belakang: Prestasi belajar adalah nilai tes yang diberi peneliti. Faktorfaktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor internal seperti motivasi dan faktor eksternal seperti metode pembelajaran. Tujuan Penelitian: (1) Menganalisis perbedaan pengaruh metode diskusi dan metode ceramah terhadap prestasi belajar etika keperawatan. (2) Menganalisis perbedaan pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar etika keperawatan. (3) Menganalisis pengaruh interaksi metode pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar etika keperawatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment Design), dengan rancangan posttest dengan kelompok kontrol (Posttets Only Control Group Design). Sampel yang dipakai sebanyak 78 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar, lembar observasi, dan skala likert yang dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji anova dua jalur dengan uji prasarat analisis: uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil: (1) Ada perbedaan yang signifikan pengaruh metode diskusi dan metode ceramah terhadap prestasi belajar etika keperawatan (ρ: 0.000). (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar etika keperawatan (ρ: 0.839). (3) Tidak ada interaksi pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar etika keperawatan (ρ: 0.747). Kesimpulan: Ada perbedaan yang signifikan pengaruh metode diskusi dan metode ceramah terhadap prestasi belajar etika keperawatan. Tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar etika keperawatan. Dan tidak ada interaksi pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar etika keperawatan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Motivasi, Prestasi belajar. SITI INDATUL LAILI, NIM S 541202130. The Effect of Learning Method and Motivation Toward on the Nursing Ethics Achievement. (Nursing Academy Bina Sehat PPNI Mojokerto). Guidance lecture I: Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes.; Guidance lecture II: Dr. Nunuk Suryani, M. Pd., Thesis, Master of Family Medicine, Main Interest in Health Education, Graduate School, Sebelas Maret University, Surakarta 2013. Background: Learning achievement is the test score was gived by researcher. Factors influencing learning achievement are internal factors and eksternal factors such as motivation and Learning Method. Research Purposes: (1) Analyze the effect difference of discussion method and lecture method toward on the nursing ethics achievement. (2) Analyze the effect difference of high motivation and low motivation toward on the nursing ethics achievement. (3) Analyze the interaction effect of learning method and motivation toward on the nursing ethics achievement. Methods: Method of this research is quantitative with use quasi experiment design, the Posttets only control group design. The sampel used were 78 students. Instrumentare of this research is learning achievement test, observation sheet, and likert scale a declared valid and reliabel. Analyzing data used was a Two Way Anova, with analysis prerequisite test: normality test and homogeneity test with signifikasi at 0.05. Results: (1) There is a significant effect difference of discussion method and lecture method toward on the nursing ethics achievement (ρ: 0.000). (2) There is no significant effect difference of high motivation and low motivation toward on the nursing ethics achievement (ρ: 0.839). (3) There is no interaction effect of learning method and motivation toward on the nursing ethics achievement (ρ: 0.747). Conclusion: There is a significant effect difference of discussion method and lecture method toward on the nursing ethics achievement. There is no significant effect difference of high motivation and low motivation toward on the nursing ethics achievement. And there is no interaction effect of learning method and motivation toward on the nursing ethics achievement. Keyword: Learning Method, Motivation, Learning Achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 06 May 2014 19:09
    Last Modified: 06 May 2014 19:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15167

    Actions (login required)

    View Item