PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 PEDAN

RAHAYU, SURANI TRI (2013) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 PEDAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (545Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Surani Tri Rahayu. S 861102012. PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 PEDAN. Dosen Pembimbing : 1). Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd., 2). Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Tesis : Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta 2012. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode role playing nasionalisme siswa kelas VIII A dapat ditingkatkan dan apakah dengan penerapan metode role playing prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Pedan dapat ditingkatkan. Bertolak dari tujuan penelitian tersebut di atas maka peneliti menggunakan prosedur penelitian dengan rancangan penelitian tindakan yang dilakukan di kelas, yang disebut penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dua siklus, tiap siklus dalam penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi atau pengamatan terhadap proses pembelajaran role playing, tes sikap nasionalisme siswa serta tes kognitif untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa. Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil tes sikap nasionalisme siswa pada siklus I 79,99% dengan jumlah nilai B = baik ke atas 66,7% dan siklus II 84,8% dengan jumlah nilai B baik ke atas 93,3%. Untuk ketuntasan hasil belajar pada siklus I 56,67% dengan rata-rata 76,26 dan ketuntasan hasil belajar siklus II 83% dengan rata-rata 82,6. Dari hasil penelitian tindakan kelas variabel sikap nasionalisme dan prestasi belajar sejarah mengarah kepada peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci : Metode Role playing, Sikap Nasionalisme dan Prestasi belajar. ABSTRACT Surani Tri Rahayu. S861102012. THE APPLICATION OF ROLE PLAYING MODEL IN HISTORY LEARNING TO IMPROVE THE STUDENT NATIONALISM IN SMP NEGERI 1 PEDAN. Commission of Counselors: 1) Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd., 2) Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Thesis: History Education Study Program, Postgraduate Program of Surakarta Sebelas Maret University 2012. This research aims to find out whether or not the application of nationalism role playing method in the VIII A graders can be improved and whether or not with the application of role playing method, the history learning achievement of the VIII A graders of SMP Negeri 1 Pedan can be improved. Departing from the objective of research, the author employed a research procedure with action research design carried out in the classroom, called Classroom Action Research (CAR). This study was carried out in two cycles, each of which consisted of four stages: planning, acting, observing and reflecting. The research methods used were observation on learning proccess, and student nationalism attitude as well as cognitive tests for finding out the student history learning achievement. Considering the result of analysis, it could be found that the student, The score of student nationalism attitude test was 79,9% in cycle I with B score number (good or higher) of 66.7% 84.8% in cycle II with B score number (good or higher) of 93.3%. The learning achievement passing was 56.67% in cycle I with the mean score of 76.26 and 83% in cycle II with the mean score of 82.6. From the result of classroom action research, nationalism attitude and history learning achievement variables leaded to the improved result from cycles I to II. Keywords: Role Playing method, nationalism attitude and learning achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 06 May 2014 18:37
    Last Modified: 06 May 2014 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15155

    Actions (login required)

    View Item