KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Jawa Sejak Dini di PAUD Amongsiwi, Desa Pandes, Bantul, Yogyakarta)

Utama, Satria Sakti (2013) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Jawa Sejak Dini di PAUD Amongsiwi, Desa Pandes, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (668Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Satria Sakti Utama. POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid di PAUD Amongsiwi pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Sejak Dini) Skripsi, Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pola komunikasi interpesonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa pada PAUD Amongsiwi dalam proses pembentukan dan pelestarian kebudayaan sejak dini. (2) Mengetahui cara yang dilakukan guru dalam membentuk dan melestarikan kebudayaan kepada anak sejak dini di PAUD Amongsiwi. (3) Mengetahui hambatan yang terjadi di PAUD Amongsiwi dalam membentuk dan melestarikan kebudayan kepada anak sejak dini. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung. Untuk mengukur validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kegiatan belajar mengajar di PAUD Amongsiwi terdiri dari tiga fase yaitu, Fase pembukaan, Fase Inti, dan Fase penutup. (2) Pola komunikasi interpersonal guru antara peserta didik dalam proses belajar mengajar terdiri dari tiga pola komunikasi interpersonal, yaitu: (a) Pola komunikasi satu arah, (b) pola komunikasi dua arah, dan (c) pola komunikasi multi arah, (3) Metode pembelajaran yang sering digunakan di PAUD Amongsiwi antara lain, (a) Ceramah, (b) Bermain, (b) Tanya Jawab, dan (d) Bercerita.(4) Gangguan yang menghambat komunikasi antara guru dan peserta didik, antara lain : (a) Minimnya konsentrasi dan respon. (b) Kurangnya kemampuan berkomunikasi peserta didik. (c) Adanya perasaan malu dan takut yang menyelimuti diri siswa untuk berkomunikasi dengan guru dalam proses belajar mengajar. Cara mengatasi kendala komunikasi tersebut antara lain : (a) Melakukan variasi dalam kegiatan belajar mengajar sehingga konsentrasi peserta didik dapat terfokus. (b) Guru juga harus melakukan pendekatan pada peserta didik dan memberikan pengertian kepada anak dengan berulang-ulang. Kata Kunci :Pola Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Interpersonal guru dan peserta didik, komunikasi ABSTRACT Satria Sakti Utama. INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN TEACHERS and LEARNERS (Descriptive Qualitative study of Interpersonal Communication Patterns Between teacher and student in PAUD Amongsiwi on the process of the formation of Cultural Character early on) Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, July 2013. This research aims to: (1) find out the communication pattern interpesonal in teaching and learning activities between teachers and students in the PAUD Amongsiwi in the process of formation and preservation of culture early on. (2) knowing how committed teachers in shaping and preserving the culture of the early stages in the OLD Amongsiwi. (3) Acknowledge the obstacles that occur in OLD Amongsiwi in shaping and preserving culture to the children early on. The form used is qualitative research, whereas the method used is descriptive qualitative methods. The data source that is used consists of the informant, places and events, as well as documents. The sampling technique used is a sample technique aims (purposive sampling). Data collection techniques used are interviews, direct observation. To measure the validity of data used triangulation of the data. Data analysis techniques using interactive analysis models. The research results showed that: (1) teaching and learning activities in Amongsiwi PAUD and consists of three phases, namely, opening phase, a phase of the core, and the closing Phase. ( 2 ) pattern teacher interpersonal communication between learners in learning process consisting of three pattern interpersonal communication, namely: (a) the pattern of one-way communication, (b) the pattern of two-way communication, and (c) the communication pattern multi direction. (3) learning methods that are commonly used in PAUD Amongsiwi among other things: (a) lecture, (b) Talk play, (b) frequently asked questions, and (d) telling stories. (4) Disorders that hinder communication between teachers and learners, among others: (a) lack of concentration and response. (b) lack of ability to communicate learners. (c) the existence of a feeling of shame and fear blanketed themselves students to communicate with the teacher in the teaching and learning process. How to overcome communication barriers include: (a) the variation in the teaching and learning activities so that learners can be focused concentration. (b) the teacher should also approach on learners and provide understanding to the child with over and over again. Key words: Interpersonal Communication Patterns, Interpersonal Communication of teachers and learners, communications

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 06 May 2014 18:32
    Last Modified: 06 May 2014 18:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15152

    Actions (login required)

    View Item