PEMBUATAN ENDLESS RUN GAME “SEJARAH ANOMAN” MENGGUNAKAN HTML5

KURNIAWAN, NOOR ARIEF (2013) PEMBUATAN ENDLESS RUN GAME “SEJARAH ANOMAN” MENGGUNAKAN HTML5. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (390Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Noor Arief Kurniawan, 2013. PEMBUATAN ENDLESS RUN GAME “SEJARAH ANOMAN” MENGGUNAKAN HTML5. Program Studi Diploma III Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bermain game adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan dan kepenatan. Dan hingga saat ini sudah banyak pula variasi aplikasi dan game yang diproduksi oleh para developer. Salah satu game yang sedang banyak berkembang sekarang adalah game dengan basis web atau bisa disebut dengan gamebrowser karena besarnya ketergantungan masyarakat sekarang terhadap internet yang menuntut mereka untuk berinteraksi dengan browser setiap hari.Namun kebanyakan game yang beredar hanya berisi hiburan semata, oleh sebab itu penulis bermaksud untuk menyisipkan cerita budaya yang akan diangkat ke dalam game tersebut dan cerita Anoman yang penulis anggap cukup bagus untuk diangkat menjadi sebuah game petualangan menggunakan HTML5. Metode penelitian yang di gunakan dalam laporan ini terbagi dari beberapa tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap perancangan game, tahap pembuatan game, tahap uji coba serta tahap penerapan dan perbaikan. Proses pembuatan game ini menggunakan bahasa pemrograman javascript dan HTML5 serta software CorelDraw dan Photoshop untuk pembuatan design objek dan user interface. Serta dapat ditarik kesimpulan bahwa telah berhasil dibuat game cerita rakyat anomandengan genre endless run yang terbagi dalam 3 level yang berbeda. Serta pada game tersebut dapat di manfaatkan sebagai penyampaian cerita budaya Indonesia. Kata kunci : Browser Game, Endless run, HTML5, JavaScript, Anoman ABSTRACT Noor Arief Kurniawan, 2013. THE MAKING OF ENDLESS RUN GAME “THE HISTORY OF ANOMAN” USING HTML5. Diploma III Informatic Engineering, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Sebelas Maret University Surakarta. Playing game is one of the methods that is used to get rid of boredom. Until today, there have been a number of variations of applications and games developed. One of the games that is now emerging is web-based, or people usually call it browser game. Due to the high amount of dependency of people on the internet, which demands them to interact with browser every day. However, most of the available games are developed to amuse people only. Bases on the problem, the author aims to insert the value of culture into it. The story of Anoman is considered perfect to be involved in an adventure game using HTML5. The research method that is used in this final paper consists of several phases, which are data compiling, game designing, game developing, game testing, and applying and improving phase. The process of game development use javascript and HTML5 programming, and CorelDraw and Photoshop for creating object designs and user interface. It can be concluded, that it has been made a game of the folklore of Anoman in endless run genre that consists of 3 different levels. Furthermore, the game can be a good messenger of the story of Indonesian culture. Keywords: Browser Game, Endless run, HTML5, JavaScript, Anoman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 06 May 2014 18:06
    Last Modified: 06 May 2014 18:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15145

    Actions (login required)

    View Item