UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA KARTU BAGI SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN 2013

YAHYA, ANNA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA KARTU BAGI SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (809Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi. Peningkatan terjadi pada siklus I, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keaktifan siswa meningkat dengan kualifikasi sangat baik dan prestasi belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Kata kunci: NHT, kartu, keaktifan, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 06 May 2014 17:43
    Last Modified: 06 May 2014 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15133

    Actions (login required)

    View Item