PENINGKATAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) FASE ELVER DENGAN PENAMBAHAN PAKAN ALTERNATIF DARI KEONG MAS (Pomacea canaliculata)

Wulansari, Agus Sri (2013) PENINGKATAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) FASE ELVER DENGAN PENAMBAHAN PAKAN ALTERNATIF DARI KEONG MAS (Pomacea canaliculata). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (348Kb) | Preview

    Abstract

    Budidaya ikan sidat sangat tergantung pada kualitas benih. Kualitas benih yang dihasilkan ditentukan oleh komposisi nutrisi dalam pakan. Ikan sidat fase elver biasa diberi pakan cacing sutra yang masih mengandalkan tangkapan dari alam dan terbatas. Dalam penelitian ini digunakan keong mas yang mengandung protein tinggi sebagai pakan alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan kelulushidupan ikan sidat setelah pemberian pakan alternatif dengan berbagai proporsi dan untuk mengetahui proporsi pakan alternatif yang paling efektif untuk memacu pertumbuhan benih ikan sidat Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan proporsi pemberian keong mas yaitu 0%, 25%, 50%, 75%, 100%. Ikan sidat dipelihara dalam aquarium selama 3 bulan dan diberi pakan sesuai perlakuan. Pengukuran panjang, berat ikan dan kualitas air dilakukan setiap 7 hari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava dilanjutkan uji DMRT pada taraf kepercayaan 95% u ntuk mengetaui beda nyata antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan alternatif dengan berbagaiproporsi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan sidat. Pertumbuhan panjang tertinggi pada pakan 75% cacing sutra dan 25% keong mas dan pertumbuhan berat tertinggi pada pakan 25% cacing sutra dan 75% keong mas. Perbedaan proporsi pakan tidak berpengaruh terhadap kelulushidupan dengan kematian ikan sebesar 28%. Kata kunci : ikan sidat, pakan alternatif, pertumbuhan, kelulushidupan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 06 May 2014 17:35
    Last Modified: 06 May 2014 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15123

    Actions (login required)

    View Item