(B. Pertanian) Pengembangan Sistem Ekspresi Gen Menggunakan Vektor Virus sebagai Dasar Produksi Vaksin HIV/HCV pada Tumbuhan Berkhasiat Terapi

Widono , Salim and Supyani , and Sulanjari, and Mulyani, Sri (2012) (B. Pertanian) Pengembangan Sistem Ekspresi Gen Menggunakan Vektor Virus sebagai Dasar Produksi Vaksin HIV/HCV pada Tumbuhan Berkhasiat Terapi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Human Immunodeficiency virus (HIV) dan virus hepatitis C (HCV) merupakan salah satu masalah kesehatan utama di dunia dan juga di Indonesia. Guna menunjang program penanggulangan infeksi HIV dan HCV serta memperkuat ketahanan bangsa di bidang kesehatan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS mengembangkan sistem ekspresi VLP (Virus-Like Particle) menggunakan tumbuhan inang yang telah terbukti/terindikasi berkhasiat terapi tehadap HIV/HCV. Dengan demikian, pada akkhirnya nanti akan diperoleh tumbuhan berkhasiat terapi sekaligus penghasil vaksin HIV/HCV. Teknologi VLP sangat strategis untuk dikembangkan karena selain merupakan teknologi yang relatif baru di dunia, juga dianggap sebagai salah satu teknologi terbaik untuk pengembangan vaksin. Pada penelitian tahap I ini telah diuji beberapa spesies tumbuhan berkhasiat terapi sebagai inang virus dengan tanaman tembakau (N. benthamiana) sebagai pembanding dan Chenopodium amaranticolor sebagai tanaman indikator, yaitu: Kucing-kucingan (Acalipha indica), Pule Pandak (Raovolfia cerpentina), Singawalang (Piteria alereciae), dan Babandotan (Ageratum conyzoides). Pengujian biologi virus dilakukan dengan penularan virus secara mekanik dan pengaruhnya terhadap fisiologi tanaman berkhasiat terapi. Hasil eksplorasi mendapatkan dua kandidat virus yang dapat menginfeksi Pule Pandak (Raovolfia cerpentina), yaitu Cucumber Moaic Virus (CMV) dengan gejala vein banding (urat daun hijau normal dan klorosis pada bagian di sekeliling urat daun) dan Geminivirus yang menginfeksi Babandotan (Ageratum conyzoides) dengan gejala vein clearing (klorosis pada urat-urat daun dan bagian di sekitarnya hijau normal).

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QK Botany
    R Medicine > R Medicine (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 06 May 2014 16:53
    Last Modified: 06 May 2014 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15099

    Actions (login required)

    View Item