PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010—2012)

PRABOWO, SIDIQ ADI (2013) PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010—2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (743Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan tehadap pengungkapan lingkungan dan pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja ekonomi. Penelitian ini juga menguji profitabilitas dengan proxy return on equity sebagai variabel kontrol. Kinerja lingkungan diukur menggunakan PROPER, pengungkapan lingkungan diukur dengan daftar item pengungkapan yang digunakan Sembiring (2005), kinerja ekonomi diukur dengan menggunakan return tahunan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 21 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis data regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak untuk statistik 16.0 versi SPSS. Jenis data yang digunakan adalah sekunder. Sebanyak 2 hipotesis diuji dalam penelitian ini menggunakan adalah analisis multiple regresion. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti empiris bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Namun demikian, Kinerja Lingkungan tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja ekonomi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja lingkungan memiliki pengaruh terhadap pengungkapan lingkungan. Kata kunci: kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, kinerja ekonomi, PROPER, Bursa Efek Indonesia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 06 May 2014 16:30
    Last Modified: 06 May 2014 16:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15089

    Actions (login required)

    View Item