PENGARUH LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH KONVERGENSI IFRS

S, RATNA HINDRIA D P (2011) PENGARUH LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH KONVERGENSI IFRS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (327Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan antara pengaruh laba akuntansi, nilai buku, dan ukuran perusahaan terhadap abnormal return saham sebelum mengadopsi IFRS dan pengaruh nilai buku, laba akuntansi, dan ukuran perusahaan terhadap abnormal return saham setelah mengadopsi IFRS. Laba akuntansi diukur dengan laba bersih sebelum extraordinary items dan discontinued operations, nilai buku diukur dengan aktiva bersih, ukuran perusahaan diukur dengan log total asset. Penelitian ini menggunakan data perusahaan yang terdaftar di Pasar Saham Malaysia yang melakukan perubahan penggunaan standar akuntansi 2003-2007. Jumlah sampel akhir yang digunakan 194 perusahaan. Metode statistik yang digunakan adalah Chow Test. Hasil penelitian menyebutkan adanya perbedaan secara signifikan antara pengaruh nilai buku, laba akuntansi, dan ukuran perusahaan terhadap abnormal return saham perusahaan di Malaysia sebelum dan setelah konvergensi IFRS. Artinya, terdapat peningkatan relevansi nilai setelah adopsi IFRS. Kata Kunci : nilai buku, laba akuntansi, ukuran perusahaan, abnormal return. Ketersediaan Data : Osiris UGM.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 06 May 2014 16:25
    Last Modified: 06 May 2014 16:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15087

    Actions (login required)

    View Item