PENGARUH JENIS BAHAN BAKAR BENSIN DAN VARIASI RASIO KOMPRESI TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN FL 125 SP TAHUN 2007

PUTRA, NURLIANSYAH (2013) PENGARUH JENIS BAHAN BAKAR BENSIN DAN VARIASI RASIO KOMPRESI TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN FL 125 SP TAHUN 2007. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (503Kb) | Preview

    Abstract

    Nurliansyah Putra. PENGARUH JENIS BAHAN BAKAR BENSIN DAN VARIASI RASIO KOMPRESI TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN FL 125 SP TAHUN 2007. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. (2) Mengetahui pengaruh rasio kompresi tinggi yaitu 10.2:1 pada variasi rasio kompresi terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. (3) Mengetahui pengaruh nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin dan kompresi tinggi yaitu 10.2:1 pada variasi rasio kompresi terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007 bernomor mesin F4A1ID113687. Data diperoleh dari besarnya torsi dan daya dengan bahan bakar premium pada rasio kompresi 9.5:1 (standar) dan dengan bahan bakar premium, pertamax, dan pertamax plus dilakukan pada rasio kompresi 8.7:1 (gasket 3), rasio kompresi 9.1:1 (gasket 2), rasio kompresi 9.5:1 (standar), dan rasio kompresi 10.2:1. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. (2) Rasio kompresi tinggi yaitu 10.2:1 pada variasi rasio kompresi mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. Torsi dan daya mengalami penurunan pada rasio kompresi rendah yaitu rasio kompresi 9.1:1 (gasket 2) dan rasio kompresi 8.7:1 (gasket 3). (3) Nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin dan kompresi tinggi yaitu 10.2:1 pada variasi rasio kompresi mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. (4) Dengan menggunakan bahan bakar pertamax plus pada rasio kompresi 10.2:1 dapat menghasilkan torsi yang optimal yaitu sebesar 10.24 N.m pada putaran mesin 5000 rpm dan daya yang optimal yaitu sebesar 9.8 HP pada putaran mesin 7646 rpm pada sepeda motor Suzuki Shogun FL 125 SP tahun 2007. Kata kunci: rasio kompresi, jenis bahan bakar bensin, torsi, daya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 06 May 2014 16:12
    Last Modified: 06 May 2014 16:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15079

    Actions (login required)

    View Item