PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DAN QUANTUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SD NEGERI KECAMATAN PARANGGUPITO

Rusmanto, Sugeng (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DAN QUANTUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SD NEGERI KECAMATAN PARANGGUPITO. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (277Kb) | Preview

    Abstract

    Sugeng Rusmanto, S811108041 Pengaruh Model Pembelajaran Games Tournament dan Quantum Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SD Negeri Kecamatan Paranggupito. Thesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament dengan model Quantum terhadap prestasi belajar IPS, (2). Ada tidaknya pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar IPS, dan (3). Ada tidaknya interaksi pengaruh antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar IPS. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Ketos dan SD Negeri 1 Paranggupito. Populasi penelitian adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive random sampling. Dalam penelitian ini satu kelas pembelajaran dengan mengunakan model TGT sebagai kelas eksperimen dan satu kelas dengan mengunakan model pembelajaran Quantum sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan model tes dengan instrumen tes prestasi belajar IPS berbentuk tes obyektif. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians ( ANAVA) dua jalur, dengan prasyarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran Quantum terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan Fhitung = 44,399 yang lebih besar dari Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (2). Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan Fhitung = 28,582 yang lebih besar dari Ftabel = 4,00. dengan taraf signifikan 0,05, sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (3). Terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan Fhitung = 6,651 yang lebih besar dari Ftabel = 4,00. dengan taraf signifikan 0,05, sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka guru perlu memperhatikan kemampuan awal siswa dalam merancang pembelajaran, sebab pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan awal siswa akan menumbuhkan semangat belajar bagi siswa yang akhirnya akan meningkatkan perolehan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Pengaruh, pembelajaran Team Games Tournament, pembelajaran Quantum, prestasi belajar Sugeng Rusmanto, S811108041. The Effect of the Team Games Tournament Learning Model and the Quantum Learning Model on the Learning Achievement in Social Science Viewed from the Initial Ability of the Students of State Primary Schools in Paranggupito Sub-district. Thesis: The Graduate Program in Educational Technology, Sebelas Maret University, Surakarta 2013. The objectives of this research are to investigate: (1) whether or not there is a difference of effect between the team games tournament learning model and the quantum learning model on the learning achievement in Social Science; (2) Science; and (3) whether or not there is an interaction effect between the learning Science. This research used the quantitative research method with the experimental method. It was conducted at State Primary School 2 of Ketos as experimental class and State Primary School 1 of Paranggupito as control class. The former and the latter were treated with the team games tournament and the quantum learning model. The population of the research included all of the students of State Primary Schools in Paranggupito sub-district, Wonogiri regency. The samples of the research were taken by using the purposive random sampling technique. The data of the research were analyzed by using the two-way analysis of variance with the pre-requisite tests of normality test and homogeneity test at the significance test of 5%. The results of the research show that (1) there is a significant difference of effect between the team games tournament learning model and the quantum learning model on the learning achievement in Social Science as indicated by the value of Fcount = 44.399 > that of Ftable = 4.00 at the significance level of 0.05 meaning that the proposed hypothesis is verified; (2) there is a significance initial ability on the learning achievement in Social Science as shown by the value of Fcount = 28.582 > that of Ftable = 4.00 at the significance level of 0.05 meaning that the proposed hypothesis is verified; and (3) there is a significance interaction learning achievement in Social Science as pointed out by the value of Fcount = 6.651 > that of Ftable = 4.00 at the significance level of 0.05 meaning that the proposed hypothesis is verified. Based on the results of the research, the teachers should necessarily pay arning the the learning achievement in Social Science. Keywords: Effect, team games tournament learning model, quantum learning model, and learning achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 06 May 2014 03:35
    Last Modified: 06 May 2014 03:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15051

    Actions (login required)

    View Item