PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Fatoni, :Indah (2013) PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (986Kb) | Preview

    Abstract

    Indah Fatoni. K3309046. PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen atau arsip, dan angket. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) metode pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Aktivitas belajar siswa yang meliputi visual activities, oral activities, listening activities, dan writing activities. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari 61,76% menjadi 94,12%. Prestasi belajar meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketercapaian aspek kognitif adalah sebesar 58,82% dan pada siklus II sebesar 85,29%. Pada siklus I ketercapaian aspek afektif adalah sebesar 94,12% dan pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan dari aspek psikomotor pada siklus I sebesar 88,24%. Kata kunci : TGT, LKS, Kelarutan dan hasil kali kelarutan, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar Indah Fatoni. K3309046. THE APPLICATION OF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) METHOD SUPLEMENTED WITH STUDENT WORKSHEET (LKS) TO IMPROVE THE STUDENT’S ACTIVITIES AND ACHIEVEMENT ON THE SUBJECT MATTER OF SOLUBILITY AND Ksp CLASSES XI EVEN SEMESTER OF SMA NEGERI 2 SUKOHARJO ACADEMIC YEAR 2012/2013. Minor Thesis. Surakarta. Education and Teacher Training Faculty. Sebelas Maret University. October 2013. The purposes of this research were to improve student’s activities and achievement on the subject matter of solubility and Ksp classes XI even semester SMA Negeri 2 Sukoharjo, academic year 2012/2013 by implementing Teams Games Tournament (TGT) method suplemented with student worksheet (LKS). This research was classroom action research. This reseach was carried out by two cycles of which each cycle consisted of planning, implementing action, observing, and reflecting steps. The subject of this study was classes XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo academic year 2012/2013. Data resource were obtained from teachers and students. Data were collected by observing, interviewing, reviewing document and questionnaire techniques. Data were validated using triangulation method. Data analyzing technique was qualitative description analysis. Based on the result of this research, it can be summarized that Teams Games Tournament (TGT) method suplemented with student worksheet (LKS) can improve student’s activity and achievement of classes XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo on the subject matter of solubility and Ksp. Student’s activities were consist of visual, oral, listening, and writing activities. Based on the result of observation, student’s activity increased from 61,76% in the first cycle to 94,12% in the second cycle. Student’s achievement consist of cognitive, affective, and psycomotoric aspects. The cognitive aspect was 58,82% in the first cycle and 85,29% in the second cycle. The affective aspect was 94,12% in the first cycle and 100% in the second cycle. While the psycomotoric aspect was 88,24% in the first cycle. Keywords : TGT, student worksheet, solubility and Ksp, activities and achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 06 May 2014 02:28
    Last Modified: 06 May 2014 02:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15037

    Actions (login required)

    View Item