PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA DALAM MATEMATIKA KELAS III SDN MOJOREJO 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PUSPITASARI, RENY (2013) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA DALAM MATEMATIKA KELAS III SDN MOJOREJO 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (961Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan soal cerita operasi hitung campuran melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match pada siswa kelas III SDN Mojorejo 1, Karangmalang, Sragen, tahun pelajaran 2011/ 2012. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian ini (variabel terikat) adalah kemampuan memecahkan soal cerita. Sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini (variabel bebas) adalah model pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmatematika melalui model pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Mojorejo 1, Karangmalang, Sragen, tahun pelajaran 2011/ 2012 dalam memecahkan soal cerita operasi hitung campuran. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 59,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45,83% meningkat menjadi 62,17 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,5%pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 63,83 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,83 %. Pada siklus III nilai rata-rata dari hasil evaluasi yaitu 70,17 dan persentase ketuntasan klasikal 83,33%. Kata kunci: kemampuan memecahkan soal cerita matematika, model pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 06 May 2014 02:09
    Last Modified: 06 May 2014 02:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15034

    Actions (login required)

    View Item