HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PATOLOGI Mahasiswa Prodi D III Jurusan Okupasi Terapi Politeknik Kesehatan Surakarta

PRASAJA, PRASAJA (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PATOLOGI Mahasiswa Prodi D III Jurusan Okupasi Terapi Politeknik Kesehatan Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (174Kb) | Preview

    Abstract

    Objective : Nowadays academic achievement tends to be a measurable scale to assess the success of an education process or learning process. The levels of students’ success were measured by the level of the students’ academic achievement during a certain learning period. There were various factors which affect the students’ academic achievement such as reading interest and learning discipline. This study aimed to analyze the correlation between reading interest and learning discipline concerning with academic achievement on pathological science subject in Occupational Therapy Diploma Degree of Surakarta Health Polytechnic. Methods : The cross-sectional study included 40 student in Occupational Therapy Diploma Degree of Surakarta Health Polytechnic. Sampling technique with a simple random sampling. Reading interest questionnaire, learning discipline questionnaire and specific academic achievement test were used as the research instruments. Mutiple linear regression analysis was applied as the data analysis method. Result: The results showed that: (1) a positive and a significant correlation between reading interest and academic achievement by partial correlation coefficient as ry2.1 = 0.796. Significant test (t test) with equal variance assumed as 5.920 and t table as 1.688 in α= 0.05 achieving Sig. = 0.000. (2) a positive and a significant correlation between learning discipline and academic achievement by partial correlation coefficient as ry2.1 = 0.892. Significant test (t test) with equal variance assumed as 9.610 and t table as 1.688 in α= 0.05 achieving Sig. = 0.000. The multiple linear regression depicts a positive and significant correlation between reading interest and learning discipline along with academic achievement represented by correlation score R = 0.946 in α= 0.05 achieving Sig. = 0.000. Coefficient of determination Adjusted R2 = 0.889. Ftest > Ftable or 157.936 > 5.18. Conclusion: This study concluded that there are relationship between reading interest and learning discipline with the students’ academic achievement on pathological science subject in Occupational Therapy Diploma Degree of Surakarta Health Polytechnic Keywords: reading interest, learning discipline, academic achievement and student in occupational therapy Tujuan : Dewasa ini prestasi belajar mahasiswa menjadi ukuran bagi keberhasilan pendidikan yang ditempuh. Tingkat keberhasilan mahasiswa ditinjau dari seberapa tinggi mahasiswa tersebut dapat meraih prestasi belajarnya. Banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar, diantaranya adalah minat membaca dan kedisiplinan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Minat Membaca dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Patologi Mahasiswa Prodi D III Jurusan Okupasi Terapi Politeknik Kesehatan Surakarta. Desain Penelitian: Jenis penelitian ini kuantitatif analitik korelasional dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini kuesioner untuk variabel Minat Membaca dan Kedisiplinan Belajar, dan Tes untuk variabel Prestasi Belajar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara variabel Minat Membaca dengan Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial sebesar ry2.1 = 0,796 . Uji keberartian (Uji t) dengan thitung sebesar 5,920, dan harga ttabel = 1,688 pada α= 0,05 didapat Sig. = 0,000. (2) ada hubungan positif dan signifikan antara Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial sebesar ry2.1 = 0,892 . Uji keberartian (Uji t) dengan thitung sebesar 9,610, dan harga ttabel = 1,688 pada α = 0,05 didapat Sig. = 0,000. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara minat membaca dan kedisiplinan belajar secara bersama dengan prestasi belajar yang ditunjukkan nilai korelasinya adalah R = 0.946 pada α= 0.05 didapat Sig = 0,000. Koefisien determinan Adjusted R2 = 0.889. Nilai F hitung > Ftabel atau 157.936 > 5.18. Kesimpulan: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Membaca dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Patologi Mahasiswa Prodi D III Jurusan Okupasi Terapi Politeknik Kesehatan Surakarta. Kata Kunci: Minat Membaca, Kedisiplinan Belajar, Mahasiswa Okupasi Terapi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 05 May 2014 23:44
    Last Modified: 05 May 2014 23:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15016

    Actions (login required)

    View Item