STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dewantari, Arnida (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (777Kb) | Preview

    Abstract

    Arnida Dewantari. STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media macromedia flash dengan media worksheet dalam pembelajaran kooperatif metode Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa materi pokok koloid kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 8 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I (Learning Cycle 5E dengan media macromedia flash) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II (Learning Cycle 5E dengan media worksheet) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media macromedia flash lebih efektif dibandingkan dengan media worksheet dalam pembelajaran kooperatif Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar materi pokok koloid. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran menggunakan media macromedia flash materi koloid disajikan dalam bentuk tampilan yang lebih menarik yakni memadukan konsep koloid dengan animasi. Di samping itu dapat menjelaskan materi yang abstrak (tidak nyata dan tidak dapat dilihat langsung) menjadi lebih konkrit (nyata dan dapat dilihat), materi koloid menjadi lebih mudah dan cepat dipahami oleh siswa, lama diingat dan mudah diungkapkan kembali, menarik, membangkitkan perhatian, minat, motivasi, dan aktivitas belajar siswa, serta dapat menghibur dengan memberikan kesan yang mendalam dalam pikiran siswa. Hal ini juga ditunjukkan dari data yang diperoleh oleh kedua harga thitung kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berdasarkan uji t-pihak kanan untuk nilai kognitif diperoleh 1,695 dan afektif diperoleh 1,764 lebih besar dari pada ttabel = 1,671 sehingga hipotesis nolnya ditolak. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, macromedia flash, worksheet, prestasi belajar, koloid. Arnida Dewantari. A COMPARATIVE STUDY OF THE USING MACROMEDIA FLASH AND WORKSHEET IN THE COOPERATIVE LEARNING OF LEARNING CYCLE 5E METHOD ON THE SUBJECT MATTER OF COLLOID ON THE XI GRADERS EVEN SEMESTER OF SMA NEGERI 1 SURAKARTA IN THE SCHOOL YEAR OF 2012/2013. Minor Thesis. Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. September 2013. The objectives of research were to find out the effectiveness of using macromedia flash media and worksheet media in the cooperative learning of Learning Cycle 5E method toward student learning achievement on the subject matter of colloid on the XI graders of SMA Negeri 1 Surakarta in school year of 2012/2013. This study employed an experimental method with Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. The population in this research was the XI Science graders of SMA Negeri 1 Surakarta in the school year of 2012/2013 consisting of 8 classes. The sample consisted of 2 classes: XI Science 1 as experiment I class (Learning cycle 5E with macromedia flash media) and XI Science 4 as experiment II class (Learning Cycle 5E with worksheet media) all samples were taken using cluster random sampling. Technique of collecting data used test method for data on cognitive learning achievement, and questionnaire used for collecting data on student affective learning achievement. The technique of analyzing data was t-test right side that used for hypothesis testing. Based on the result of research, it could be concluded that the use of macromedia flash media was more effective than worksheeet media in Learning Cycle 5E cooperative learning on the learning achievement in the subject matter of colloid. This case can be caused by learning used macromedia flash, colloid matter is presented in more interesting performance were combine colloid concept with animation. Beside that macromedia flash can gave more explanation toward learning matter discussed, then can explain abstract material (not real and can not be seen directly) become more concrete (real and can be seen), colloid matter become easier and can be understood quickly by the students, can be saved longer and stated back easier, interesting, increase the attention, desire, motivation, and student’s learning activity, also fun with give the deepest memory in student’s mind. It also could be seen from the gotten data by tobs values in both classes of experiment I and II based on t-test right side of 1.695 for cognitive value and 1,764 for affective value higher than ttable = 1.671, so that the null hypothesis was not supported. Keywords: Learning Cycle 5E, macromedia flash, worksheet, learning achievement, colloid.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 05 May 2014 23:12
    Last Modified: 05 May 2014 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14996

    Actions (login required)

    View Item