MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG TUNGKAI BENGKOK DALAM SENAM LANTAI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Furqon, Zainul (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG TUNGKAI BENGKOK DALAM SENAM LANTAI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (906Kb) | Preview

    Abstract

    Zainul Furqon. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG TUNGKAI BENGKOK DALAM SENAM LANTAI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang tungkai bengkok dalam senam lantai pada siswa kelas Iva SD Al Irsyad Al Islamiyah Surakarta melalui pendekatan pembelajaran media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa SD Al Irsyad Al Islamiyah Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar guling belakang tungkai bengkok senam lantai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil persentase. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar guling belakang tungkai bengkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 52% atau 13 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80% atau sejumlah 20 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang tungkai bengkok dalam senam lantai pada siswa kelas Iva SD Al Irsyad Al Islamiyah Surakarta. Kata kunci : pendekatan pembelajaran, media audio visual, guling belakang tungkai bengkok senam lantai Zainul Furqon. IMPROVING LEARNING ACHIEVEMENT IN CROOKED LEGS BACK ROLLING IN GYMNASTIC FLOOR THROUGH LEARNING APPROACH OF AUDIO VISUAL MEDIA IN IVA GRADE STUDENTS OF SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR 2012/ 2013. Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, July 2013. The purpose of this research is to improve learning achievement in crooked legs back rolling in gymnastic floor in IVA grade students of SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA through learning approach of audio visual media. This research uses classroom action research (CAR). This research was carried out in two cycles; every cycle contains planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is IVA grade students of SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA that contains 25 students. The data source comes from the teacher and the students. The technique of collecting data uses observation and assessment from crooked leg back rolling in gymnastic floor. The technique of analyzing data used in this research is qualitative descriptive statistic that is stated in percent. From the data analysis has been done, the researcher gets significant improvement from pre action to cycle 1 then to cycle 2. The learning achievement of crooked leg back rolling in cycle 1 in success category is 52% or 13 students. Meanwhile, in cycle 2 there is percentage improvement of students’ learning achievement in success category; that is 80% or 20 students. The conclusion from this research is learning approach of audio visual media can improve learning achievement in crooked legs back rolling in gymnastic floor in IVA grade students of SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH SURAKARTA. Key words: learning approach, audio visual media, crooked legs back rolling in gymnastic floor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 05 May 2014 22:49
    Last Modified: 05 May 2014 22:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14987

    Actions (login required)

    View Item