HUBUNGAN EMPATI PETUGAS DAN KEPUASAN PASIEN DENGAN KEPATUHAN PASIEN DALAM MELAKSANAKAN ANC PADA IBU HAMIL TRIMESTER III (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGASEM KABUPATEN KEDIRI)

WINDARI, ERA NURISA (2013) HUBUNGAN EMPATI PETUGAS DAN KEPUASAN PASIEN DENGAN KEPATUHAN PASIEN DALAM MELAKSANAKAN ANC PADA IBU HAMIL TRIMESTER III (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGASEM KABUPATEN KEDIRI). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (978Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Salah satu penyebab rendahnya cakupan ANC adalah munculnya ketidakpuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC, serta adanya paradigma rendahnya empati petugas dalam pelayanan publik. Tujuan :Menganalisishubungan empati petugas dan kepuasan pasien dengan kepatuhan pasien dalam melaksanakan ANC pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kabupaten Kediri. Metode Penelitian : Desain yang digunakanadalah penelitian Obsevasional Analitik dengan menggunakan pendekatan crosssectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kabupaten Kediri pada tahun 2011 berjumlah 133 orang., dengan menggunakan teknik stratified propotionate random sampling diperoleh sampel 100 responden. Variabel Independent dalam penelitian ini adalah empati petugas dan kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC, dan variabel dependent dalam penelitian ini adalah kepatuhan ibu hamil dalam pelaksanaan ANC. Hasil : Hasil uji hipotesis pertamamenunjukkan probabilitas (p-value) hubungan yang signifikan empati petugas dengan kepatuhan pasien dalam memberikan pelayanan ANC pada ibu hamil trimester III. Uji hipotesis keduamenunjukkan probabilitas (p-value ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan kepuasan pasien dengan kepatuhan pasien dalam melaksanakan ANC pada ibu hamil trimester III.Serta uji hipotesis ketiga menunjukkan nilai probabilitas (p-value sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan antara empati petugas dan kepuasan pasien dengan kepatuhan pasien dalam melaksanakan ANC pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kabupaten Kediri. Saran : Institusi kesehatan dalam hal ini Puskesmas dan BPS dapat memperkuat mutu layanan khususnya dimensi empati agar dapat dicapai kepuasan pasien sehingga dapat mendorong kepatuhan pada ibu hamil untuk melaksanakan ANC. Kata Kunci : Empati, Kepuasan, Kepatuhan, ANC Background : One of low ANC coverage is the emergence of maternal dissatisfaction against the ANC service and the paradigm of officers lack empathy set in the public service. Objective :To analyze the relationship officer empathy and patient satisfaction with patient in anc compliance carry on 3rd trimester of pregnancy in Ngasem Public Health Centre Territories of Kediri Residabce. Research Method : The design was used analytical observation studies using cross-sectional approach. The study population was all pregnant women in the third trimester in territory of Ngasem PublicHealth Center, Regency of Kediri in 2011 amount to 133 people., By proportionate stratified random sampling obtained a sample number of 100 respondents. Independent variable in this study is offficera empathy and ANC service satisfaction, and the dependent variable in this study is the compliance of pregnant women in the implementation of the ANC. Result : The first hypothesis test results indicate the probability (p-value) there is a significant relationship officers empathy with patient compliance in providing ANC services to pregnant women at 3rd trimester. The second hypothesis test indicates the probability (paccepted which means that there is a relationship of patient satisfaction with patient compliance in implementing the ANC in the third trimester of pregnant women. And the third hypothesis test indicates a probability value (p-value) = ted and H1 accepted which means, there is a relationship officer empathy and patient satisfaction with patient compliance in implementing the ANC on pregnant women at the third trimester in Ngasem Public Health Centre Regency of Kediri. Suggestion : Health institutions in this case were public health center and BPS can strengthen empathy dimensions of service quality in particular in order to achieve patient satisfaction so it could encourage the pregnant women compliance in ANC. Keywords: Empathy, Satisfaction, Compliance, ANC

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 05 May 2014 22:35
    Last Modified: 05 May 2014 22:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14979

    Actions (login required)

    View Item