STRATEGI KOMUNIKASI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) Studi Tentang Implementasi Strategi Komunikasi PT. KAI (Persero) melalui CSR dan PKBL PT. KAI (Persero) DAOP 6 Yogyakarta Tahun 2011 Dalam Pembentukan Citra Perusahaan

Rahmayanti, Dian Rhesa (2013) STRATEGI KOMUNIKASI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) Studi Tentang Implementasi Strategi Komunikasi PT. KAI (Persero) melalui CSR dan PKBL PT. KAI (Persero) DAOP 6 Yogyakarta Tahun 2011 Dalam Pembentukan Citra Perusahaan. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (389Kb) | Preview

    Abstract

    STRATEGI KOMUNIKASI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Tentang Strategi Komunikasi dalam Implementasi Progam CSR dan PKBL PT. KAI (Persero) DAOP VI Yogyakarta Tahun 2011 Terhadap Pembentukan Citra Perusahaan) Abstrak Dian Rhesa Rahmayanti, S230809014. 2012. Strategi Komunikasi Dan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Tentang Strategi Komunikasi dalam Implementasi Progam CSR dan PKBL PT. KAI (Persero) DAOP VI Yogyakarta Tahun 2011 Terhadap Pembentukan Citra Perusahaan). Pembimbing I: Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Comm. Pembimbing II: Drs. Sudarto, M.Si. Progam Studi Manajemen Komunikasi. Progam Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2012. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui implementasi program CSR dan PKBL yang dilakukan PT. KAI (Persero). 2). Mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan PT. KAI (Persero) dalam mengimplementasikan program CSR dan PKBL. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian diskripsi kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengkaji implementasi program CSR dan PKBL serta strategi komunikasi yang dilakukan PT. KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta dalam kurun waktu yang telah ditentukan yakni sepanjang tahun 2011. Penelitian kualitatif ini diharapkan mampu menggambarkan secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi di dalamnya. Dengan penelitian ini diharapkan juga mampu menerjemahkan hubungan implementasi PKBL dalam konteks CSR, dan CSR itu sendiri sebagai kajian komunikasi khususnya komunikasi korporat. Berdasarkan sifat penelitiannya, penelitian ini bersifat evaluatif formatif yaitu mengkaji implementasi program-program CSR dan PKBL PT. KAI (Persero) beserta strategi komunikasinya dalam kurun waktu tertentu yakni sepanjang tahun 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan metode wawancara, observasi atau pengamatan langsung, dokumentasi dan studi pustaka literatur-literatur umum maupun dokumen-dokumen milik PT. KAI yang relevan dengan penelitian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, strategi komunikasi PT. KAI (Persero) terdiri dari pemilihan khalayak sasaran, pemilihan media komunikasi, penyusunan pesan dan strategi komunikator. Khalayak yang dituju adalah masyarakat di sekitar stasiun, penerima manfaat program dan para stakeholders. Pemilihan media menggunakan media yang bermacam-macam merupakan strategi dalam menjangkau khalayak dari berbagai segmen sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dan tepat sasaran. Pesan yang ingin disampaikan terdiri dari pesan umum dan pesan khusus. Sedangkan komunikatornya adalah pihak ketiga dan para insan PT. KAI (Persero) yang memiliki kredibilitas. Implementasi progam-progam CSR yang dilakukan oleh PT. KAI (Persero) khususnya untuk Daop 6 Yogyakarta sangat variatif dan responsif menanggapi kebutuhan lingkungannya. Walaupun program-program CSR yang dilaksanakan PT. KAI (Persero) masih dalam ranah karitas dan pelayanan, dan belum pada perwujudan investasi sosial. Sedangkan untuk pelaksanaan program-program PKBL belummaksimal. Terbukti secara teknis pelaksanaan PKBL PT. KAI (Persero) masih konvensional. SDM yang menangani bidang ini pun belum terstruktur secara organisasional dan masih dititipkan bersama bagian perusahaan yang lain. Sementara itu untuk Progam-progam CSR dan PKBL ini pada dasarnya masih dalam satu frame yang sama. Oleh karena itulah kedua progam ini sebaiknya disinergikan untuk saling mengisi satu sama lain dalam mencapai citra posistif perusahaan di mata masyarakat. Kata Kunci: CSR, PKBL, Strategi Komunikasi, Citra. COMMUNICATION STRATEGY AND CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studies in Communication Strategy and Implementation CSR and PKBL Programs PT. KAI (Pesero) Daop 6 Yogyakarta in 2011 Against Corporate Image Formation) Dian Rhesa Rahmayanti, S230809014. 2012. COMMUNICATION STRATEGY AND CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). (Studies in Communication Strategy and Implementation CSR and PKBL Programs PT. KAI (Pesero) Daop 6 Yogyakarta in 2011 Against Corporate Image Formation). Thesis consultant I: Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Comm. Thesis consultant II: Drs. Sudarto, M.Si. Post Graduated Communication Programs major in Management Communication. Sebelas Maret University. Surakarta. 2012. The purpose of this study were: 1). Knowing the implementation of CSR and PKBL programs by PT. KAI (Persero). 2). Knowing the communication strategies employed PT. KAI (Persero) in implementing the CSR and PKBL programs. This study applies a qualitative description of the research approach. This method is applied for assessing the implementation and communication strategies of CSR and PKBL programs conducted by PT. KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta within the allotted time during the year 2011. Hopefully this qualitative research is able to describe factually and accurately about the facts that happened in it. Besides this research also be able to translate PKBL relationship in the context of implementation of CSR, and CSR it self as the study of communication especially as corporate communication. Based on the nature of the research, formative evaluative study is assessing the implementation of CSR and PKBL programs PT. KAI (Persero) along with its communication strategy that is within a certain time of the year 2011. The techniques of data collection in this research are using interviews, observation or direct observation, documentation and study of literature, general literature and documents owned by PT. KAI (Persero) which are relevant to the study. From this study it can be concluded that the communications strategy PT. KAI (Persero) consists of the selection of target audiences, communication media selection, message development and strategic communicators. The intended audience is the community around the station, program beneficiaries and stakeholders. Selection of media using a variety of media is a strategy in reaching out to audiences of various segments so that the message was accepted and on target. The message consists of general messages and specific messages. While komunikatornya is a third party and the men and women PT. KAI (Persero) who has credibilit. Implementation of CSR programs conducted by PT. KAI (Persero) especially Daop 6 Yogyakarta is varies and responsive to respond the needs of the environment. In one side these programs implemented by CSR PT. KAI (Persero) are still in the realm of charity and stewardship, and not the embodiment of social investment. In the other side the implementation of PKBL programs have not been fully conducted. It is proven technically that the implementation of thesePKBL programs have not been fully conducted. The human reshourches which is in charge of this matter has not been managed organizationally and it was still deposited with the firm. Basically CSR and PKBL programmes are still in the same frame. Hence both programs should be synergized to complement each other in achieving the company’s positive image in the society. Keywords: CSR, PKBL, Strategic Communications, Image.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 05 May 2014 22:16
    Last Modified: 05 May 2014 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14970

    Actions (login required)

    View Item